Hari AIDS Sedunia

Kutai Kartanegara Paling Banyak Lokalisasi

Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki lokalisasi paling banyak dibandingkan daerah lain di Indonesia.

Kutai Kartanegara Paling Banyak Lokalisasi
CNN
Seorang wanita warga negara Myanmar penderita HIV/AIDS, tertidur tak berdaya. cnn.com 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki lokalisasi paling banyak dibandingkan daerah lain di Indonesia. Kasi Pencegahan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kukar, Triatmo mengatakan, ada 14 lokalisasi tersebar di wilayah Kukar.

Lokalisasi KM 10 Loa Janan termasuk paling besar di Kukar, bahkan Kaltim. Ada pula lokalisasi lainnya tersebar di beberapa kecamatan, seperti Perangat (Marang Kayu), Muara Badak, KM 16 Jahab dan Simpang Kitadin. "Dulu, penghuni di KM 16 mencapai 100 orang," kata Triatmo. (Baca juga: 47 PSK Terindikasi HIV/AIDS di Kutai Kartanegara).

"Lokalisasi di Kukar ini paling banyak dibandingkan daerah lain se-Indonesia. Papua saja yang pengidap HIV/AIDS-nya paling tinggi hanya memiliki 3 lokalisasi," kata Triatmo, Senin (1/12//2014). (Baca juga: Pekerja Tambang Rentan Tertular HIV/AIDS).

Di Papua sana, menurutnya, penderita HIV/AIDS lebih terkontrol. Pemahaman masyarakat soal AIDS juga bagus. "Sedangkan masyarakat di sini masih tabu memandang penderita AIDS. Sehingga pengidap AIDS malah diusir dan mendapat perlakuan tidak nyaman," tuturnya.

Ia menyadari sosialisasi tentang AIDS harus ditingkatkan. "Pemda juga harus komit dalam mengurangi angka penyebaran HIV/AIDS di Kukar. Kita perlu payung hukum berupa Perda agar tidak ada halangan ketika di lapangan," tegasnya.(*)

Ikuti perkembangan berita lainnya dengan like Facebook TRIBUN KALTIM dan follow @tribunkaltim

Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved