Gosip Manca

Lecehkan Perempuan, Buku Barbie Ditarik dari Peredaran

Buku cerita yang menampilkan karakter Barbie ditarik peredarannya dari Amazon. Pasalnya buku ini dinilai terlalu seksis.

Lecehkan Perempuan, Buku Barbie Ditarik dari Peredaran
SHUTTERSTOCK
ILUSTRASI-Mattel 

TRIBUN KALTIM, CO-  Buku cerita yang menampilkan karakter Barbie ditarik peredarannya dari Amazon. Penyebabnya adalah buku yang berjudul I Can Be a Computer Engineerterbitan Random House ini, mendulang kritik yang menyatakan bahwa konten menyajikan u nsur-unsur seksis.

Dalam buku itu, Barbie ditampilkan sebagai insinyur komputer penuh gaya yang lekat dengan nuansa warna pink. Barbie dikisahkan kerap membuat barang rusak dan tidak tahu bagaimana membuat kode-kode dalam komputer. Alhasil, ketimbang bekerja, Barbie malah menggambar anak anjing. Untuk membantu menyelesaikan pekerjaan, Barbie pun meminta bantuan dua orang teman kerja, Steve dan Brian.

Di kisah lain, Barbie yang berprofesi sebagai insinyur komputer itu menggunakan laptop adiknya, Skipper. Lalu, tak sengaja Barbie membuat laptop Skipper terpapar virus. Akibatnya, semua dokumen di dalamnya lenyap.

Karakter Barbie yang ceroboh, tak bertanggung jawab atas pekerjaannya, dan menggantungkan dirinya pada rekan kerja pria ini, mengundang kritik yang pedas dari beragam pihak. Sebab, seperti terurai di atas, Barbie tampak seperti wanita bodoh yang tidak bisa mandiri dan selalu bergantung pada orang lain.

Menjawab kritik ini, produsen resmi Barbie, Mattel,  meminta maaf melalui akun Facebook resmi mereka.

"Penggambaran karakter Barbie dalam kisah spesifik ini tidak mencerminkan visi perusahaan tentang Barbie. Kami percaya para gadis harus berdaya untuk memahami segala hal mungkin dan percaya bahwa mereka hidup di dunia yang tak terbatas," tulis pihak Mattel.

Lebih lanjut, Mattel juga menyatakan permohonan maafnya bahwa buku cerita tersebut tidak mencerminkan visi dan keyakinan tersebut. Mereka berjanji akan menulis berbagai cerita yang mampu menginspirasi imajinasi para gadis dan menggambarkan karakter Barbie yang berdaya.

Editor: Rita
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved