Kejari Tenggarong Eksekusi Terpidana Korupsi Bansos

Kejaksaan Negeri (Kejari) Tenggarong mengeksekusi 2 terpidana kasus korupsi bantuan sosial dan dana operasional DPRD.

Penulis: Rahmad Taufik | Editor: Sumarsono
Kejari Tenggarong Eksekusi Terpidana Korupsi Bansos
tribun kaltim/rahmat taufik
Mantan anggota DPRD Kukar Bambang AS dimasukkan dalam Lapas Tenggarong setelah dieksekusi Petugas Kejari Tenggarong.

TENGGARONG, tribunkaltim.co.id - Kejaksaan Negeri (Kejari) Tenggarong mengeksekusi 2 terpidana kasus korupsi bantuan sosial dan dana operasional DPRD. Mereka adalah mantan anggota DPRD periode 2004-2009 Bambang AS dan Mantan Asisten IV Kesra Basran Yunus. Keduanya dijemput tim Kejari dipimpin Kasi Pidana Khusus Rudi Iskandar, Senin (8/12).

Kejari mengeksekusi Bambang di kediamannya, Jl Bugenvil Tenggarong. Sebelumnya, petugas hanya menjumpai istrinya. Selanjutnya, sang istri diminta menghubungi Bambang yang sedang ke pasar. Setelah berganti baju, Bambang menyerahkan diri kepada petugas. Bambang masuk ke dalam mobil petugas.

Lalu, petugas bergeser ke rumah dinas di Jalan Jelawat yang ditengarai tempat tinggal Basran Yunus. Namun mantan Asisten IV itu tidak ada di tempat. Petugas bergeser ke rumah anak Basran di Jl Mangkuraja. Tanpa ada perlawanan, Basran dibawa pertugas Kejari Tenggarong.

Kedua terpidana kasus korupsi ini dibawa ke Lapas Klas II B Tenggarong. Bambang AS dan Dedy Sudarya diputus bersalah dan divonis 1 tahun oleh Mahkamah Agung (MA) terkait perkara kasus korupsi dana opersional DPRD Kukar 2005-2006 dengan kerugian negara mencapai sekitar Rp 2,6 miliar. Salinan putusan kedua terdakwa atas nama Dedy Sudarya dan Bambang AS sudah diterima Kejari sekitar Juli 2014 lalu.

Basran Yunus divonis lebih berat daripada Bambang, yakni 6,5 tahun. MA  memvonis bersalah terdakwa perkara kasus korupsi Bansos Kukar 2005-2006 yang merugikan keuangan negara Rp 19,7 milyar.  (*)

Berita Selengkapnya Baca Harian Tribun Kaltim edisi Selasa (9/12).

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved