Fashion

Tips Mencuci Jins Tanpa Merusak Warna

Mungkin sebagian dari Anda sekarang tidak sering mencuci jins yang sering digunakan, baik dari awal ketika membeli hingga sekarang.

Tips Mencuci Jins Tanpa Merusak Warna
internet
ilustrasi

TRIBUN KALTIM.CO - Mungkin sebagian dari Anda sekarang tidak sering mencuci jins yang sering digunakan, baik dari awal ketika membeli hingga sekarang. Persepsi yang kerap beredar biasanya menganjurkan jangan mencuci jins terlalu sering demi menjaganya agar tidak rusak.

Namun, mencuci jins tidak sepenuhnya salah, kok! Faktanya, jins memang dirancang sedari awal untuk pekerja tambang, yang dibuat dari bahan serat katun yang rapat dan tebal dengan penambahan pigmen warna indigo yang mempertegas bentuk khas denim atau jins tersebut.

Seiring berjalannya waktu, dan keharusan untuk menjaga kebersihan dan kondisi jins, Anda pun harus menemukan cara tepat mencuci jins tanpa memudarkan warna , efek, serta teksturnya. Yang paling sering terjadi adalah memudarnya garis di sekitar area selangkangan dan risleting, yang diikuti area sekitar saku dan bokong.

Tanpa dicuci, jins juga akan tetap memudar secara alami karena pengaruh penggunaan jenis organik dan paparan kotoran lainnya, sehingga sangat memungkinkan masuknya kotoran dan partikel alami ke dalam lapisan bawah serat kapas yang kaku. Mencuci jins sembarangan hanya akan menghilangkan sifat alami jins serta memudarnya warna asli jins Anda.

Namun, penjelasan di atas tidak boleh menjadi alasan bagi Anda untuk tidak pernah mencuci celana jns. Berikut tiga cara tepat mencuci jins tanpa merusak warnanya.

Bekukan di dalam kulkas atau freezer 
Masukkan celana jins Anda tanpa dibungkus ke dalam kulkas dan diamkan selama satu hari atau semalaman. Solusi ini ampuh membekukan bakteri dan mikroorganisme yang menempel pada celana jins yang menimbulkan rasa gatal, bau, dan kusam.

Bersihkan menggunakan vodka 
Isi vodka dalam botol spray lalu semprotkan di semua area berbau dan kotor untuk membersihkan celana jins secara intens tanpa membuat warnanya pudar.

Terapkan sistem cuci kering 
Jika Anda hanya ingin mencuci atau membersihkan sebagian atau sedikit saja, cuci bersih jins menggunakan tangan yang hanya direndam menggunakan air dan sedikit deterjen, lalu segera keringkan menggunakan alat pengering rambut selama 20 menit. Hindari mengucek atau menyikat jins secara kasar yang berakibat pada kerusakan tekstur, warna, dan bahan jins.

Tags
fashion
Editor: Rita
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved