Film

Mesir Tolak Film Exodus Gods and Kings

Warga Mesir tak bisa menyaksikan aksi Christian Bale dan Joel Edgerton yang memerankan Musa dan Firaun Ramses dalam film Exodus Gods and Kings.

Mesir Tolak Film Exodus Gods and Kings
www.albertmohler.com
Film Exodus Gods and The Kings yang dibintangi Christian Bale. 

TRIBUNKALTIM.CO - Warga Mesir tak bisa menyaksikan aksi Christian Bale dan Joel Edgerton yang memerankan Musa dan Firaun Ramses dalam film Exodus Gods and Kings. Ketidakakuratan sejarah dalam film ini, musabab Pemerintah Mesir melarangnya.

Seperti dikutip dari Independent, Sabtu (27/12/2014), Maroko mengikuti jejak Mesir, menolak penayangan film tersebut. Meski sudah mendapat lampu hijau untuk penayangannya, Pejabat setempat baru memastikan pembatalan Exodus sehari sebelum dirilis secara perdana ke publik. (BACA: Giliran Indonesia Tak Luluskan Sensor Film ‘Noah’)

Sutradarai Ridley Scott mendasarkan sejarah film besutannya pada Kitab Eksodus dalam Bibel. Dalam filmnya,Scott mengesankan terbelahnya Laut Merah karena gempa bumi bukan keajaiban Ilahi. Orang Yahudi diperlihatkan berandil besar membangun piramida. Padahal piramida dipercaya dibangun seribu tahun sebelum eksodus.

Agence France-Press menduga Maroko melarang film yang diproduksi dengan biaya 140 dolar Amerika itu, lantaran sebagian besar penduduknya yang beragama Islam meyakini Musa adalah seorang nabi. Ada keyakinan bagi penganut Islam bahwa nabi tidak boleh divisualisasikan.

Ketika diputar di akhir pekan dalam debut perdananya, pendapatan awal film ini cukup mengecewakan karena hanya meraup 24,5 juta dolar Amerika.

Film serupa yang menukil kisah dari Bibel masih lebih baik. Sebut saja The Passion of the Christ. Saat perdana dirilis 2004 silam langsung meraup 83,3 dolar Amerika. Tak lama sebelum Exodus hadir, ada Noah yang disutradarai Darren Aronofsky. Pemutaran perdana film ini meraup 43,7 dolar Amerika. (*)

Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved