Berita Foto

Era Media Digital Telah Tiba: Jokowi Sarungan Jangkau 5 Juta Orang

Berita "Jokowi Santai Sembari Sarungan Jadi Perbincangan Netizen" menjangkau (people reached) 5.058.560 pengguna Facebook

Era Media Digital Telah Tiba: Jokowi Sarungan Jangkau 5 Juta Orang
Facebook
Artikel Jokowi Santai Sembari Sarungan Jadi Perbincangan Netizen yang dimuat Tribunkaltim.co pada Kamis (1/1/2015) menjangkau 5 juta pengguna facebook. 

"KAMI mempersiapkan bisnis era digital. Ya, betul, rumah digital."

Begitulah sepenggal percakapan seorang top management satu perusahaan operator telepon seluler ternama pekan lalu, tepatnya 24 Desember silam. Saat itu, kru redaksi Surat Kabar Harian Tribun Kaltim merangkap portal Tribunkaltim.co sedang mengadakan outing di luar kota. Tak diduga, tamu datang ke acara dengan alasan hendak mengecek tempat untuk kegiatan employee gathering perusahaannya.

Fakta-fakta mencengangkan mengenai fenomena pertumbuhan penggunaan internet, telepon seluler pintar (smart phone) dan media sosial yang sungguh marak menjadi dasar pertimbangan perusahaan itu menjadikan media digital sebagai sawah garapan baru yang harus dioptimumkan.

Kejadian terpisah, awal Desember lalu, seorang pejabat di Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur bertamu ke dapur redaksi Tribun Kaltim di Jalan Indrakila No 1, Balikpapan. Setelah bicara basa-basi, sang pejabat mengemukakan niatnya berencana maju sebagai calon kepala daerah di satu kabupaten di wilayah Kaltim. Daerah ini akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah akhir tahun 2015.

Dalam diskusi itu, sang calon terkagum-kagum melihat data pertumbuhan pengguna internet dan media sosial kalangan masyarakat, tentu saja pemilih. Tamu bahkan sangat antusias mendengar paparan mengenai susksesnya beberapa tokoh politik dunia, seperti Barrack Obama merebut kursi presiden Amerika Serikat dua periode, dan Joko Wiododo alias Jokowi terpilih sebagai presiden mengalahkan kandidat presiden kuat yang sudah bertahun-tahun promosi, Prabowo Subianto.

Baik Obama maupun Jokowi sukses menaklukkan medan pertarungan politik, dengan pendekatan langsung yang perseonal kepada rakyat melalui sosial media. Mediumnya antara lain, pertemanan di jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Dan si calon pun berniat akan meniru cara-cara kerja cerdas itu, kampanye melalui multimedia mainstream (print dan online) plus media sosial.

Betulkah era media digital sudah demikian dahsyatnya?
Mari simak beberapa data berikut. Inilah contoh betapa efektif dan dahsyatnya pengaruh media sosial. Beberapa keluarga yang terpisah lama, dapat berkumpul atau bertemu oleh kekuatan media sosial seperti Facebook. Hediya Talic (82) dan Tanija Delic (88), saudara kandung, bertemu kembali setelah 72 tahun terpisah. Ternyata selama ini, kedua nenek renta itu hanya terpisah sejauh 200 km.

Bertemunya kedua saudari ini diawali setelah putra Hedija merasa tertarik dengan silsilah keluarganya. Dia kemudian mengontak putri bibinya lewat Facebook.

Kemudian, dua saudara kandung yang telah berpisah selama 60 tahun; Allan Healy (66) dan  Margaret Mitchell (67), kakaknya. Bermula dari kisah perceraian kedua orang tua mereka yang memaksa kedua kakak beradik ini tinggal secara berpisah. Allan dan adiknya Steward dibawa sang ayah ke Plymouth sedangkan Margaret tetap tinggal di Skolandia bersama ibunya Elizabeth.

Sejak berpisah keduanya tak mengetahui kabar satu sama lain hingga di usia senja mereka kompak memasang foto tua yakni foto mereka saat masih kanak-kanak di jejaring sosial Facebook. Dan banyak kejadian mengharukan lainnya.

Halaman
12
Editor: Domu D.Ambarita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved