Breaking News:

Susi Pudjiastuti: Di Papua, Kapal Asing Bawa Tanduk Rusa dan Kulit Buaya

"Di Papua, mereka bawa tanduk rusa dan kulit buaya. Itu dibawa keluar," ujar Susi di Jakarta, Senin (5/1/2015).

Susi Pudjiastuti: Di Papua, Kapal Asing Bawa Tanduk Rusa dan Kulit Buaya
WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti saat konferensi pers di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Kamis(18/12/2014). Selain memberi perlindungan kepada lebih dari seribu kapal Vietnam dari badai di wilayah Indonesia, juga menyatakan tetap perang terhadap pencurian ikan ilegal.

TRIBUNKALTIM.CO - Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti mengatakan, aksi kapal-kapal asing di Indonesia bukan hanya soal penangkapan ikan secara ilegal. Bahkan, kata Susi, kapal asing juga merugikan negara dari sektor lain.

"Di Papua, mereka bawa tanduk rusa dan kulit buaya. Itu dibawa keluar," ujar Susi di Jakarta, Senin (5/1/2015).

Dia menjelaskan, hal itu membuktikan bahwa kapal-kapal asing juga membantu menyelundupkan barang-barang hasil perburuan ilegal. Tak sampai di situ, dalam takaran yang lebih kronis, kapal asing kata Susi juga membawa barang-barang yang dilarang masuk ke Indonesia, seperti miras dan narkoba. (BACA: Izin Menteri Susi Terhadap Kapal Vietnam Mendapat Kecaman)

"Miras juga masuk lewat kapal ini, bisa saja narkoba juga. Jadi illegal fishing ini bukan hanya soal pencuri ikan, melainkan juga hal lain, seperti human trafficking. Banyak hal lain yang belum dibongkar satu per satu," kata dia.

Oleh karena itu, menurut Susi, hal yang mesti dilakukan saat ini adalah penegakan hukum yang tegas bagi kapal-kapal asing yang masuk ke perairan Indonesia. Pasalnya, kata dia, hanya dengan cara itulah, kapal-kapal asing nantinya tak lagi berani seenaknya masuk ke wilayah Indonesia. (tribunnews/Yoga Sukmana)

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved