Alhamdulillah, Anggaran Orang Gila Naik Jadi Rp 500 juta

"Alhamdulillah 2015 kita dapat dari APBD kita sampai Rp 500 juta," ujarnya.

Alhamdulillah, Anggaran Orang Gila Naik Jadi Rp 500 juta
INTERNET
Ilustrasi

TRIBUNKALTIM.CO, NUNUKAN - Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Nunukan, Abdul Karim memastikan, anggaran untuk penanganan orang gila di Kabupaten Nunukan meningkat drastis.

Jika pada tahun sebelumnya, pihaknya hanya menerima Rp 70 juta, "Alhamdulillah 2015 kita dapat dari APBD kita sampai Rp 500 juta," ujarnya.

Dia bersyukur karena anggota DPRD Kabupaten Nunukan memahami kondisi yang terjadi di Kabupaten Nunukan sehingga anggaran untuk penanganan orang gila bisa meningkat.

"Tahun lalu kita dapat Rp 70 juta, sejauh mana?" ujarnya. Dia menegaskan, anggaran Rp 500 juta yang dialokasikan itu sudah termasuk untuk penanganan orang terlantar terutama Tenaga Kerja Indonesia yang berasal dari Sabah, Malaysia.

"Kan di rumah sakit masih ada yang sakit ini. Kan kita klaim obat rumah sakit, siapa yang bayar? Biaya pengobatan ini yang besar," ujarnya.

Biaya dimaksud, termasuk digunakan untuk memulangkan orang gila maupun orang terlantar ke kampung halamannya. "2015 saya mainkan itu. Termasuk orang gila, sakit, kita akan proaktif. TKI juga pulangnya ilegal ke sini nanti kita pulangkan sampai ke kampungnya," ujarnya.

Tak hanya menangani orang gila dan orang terlantar yang berasal dari luar daerah, Dinsosnakertrans Kabupaten Nunukan juga menangani orang gila lokal.

Seperti pernah diberitakan sebelumnya, jumlah orang gila lokal di Kabupaten Nunukan diperkirakan terus meningkat. Hingga pertengahan tahun lalu saja sudah 6 orang gila lokal yang ditangani Dinsosnakertrans Kabupaten Nunukan. Tahun lalu, ada 7 orang gila lokal yang ditangani Pemerintah Kabupaten Nunukan. (*)

Ikuti perkembangan berita lainnya dengan like Facebook TRIBUNKALTIM.CO dan follow @tribunkaltim

Sumber: Tribun Kaltim
Tags
orang gila
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved