Penghapusan Pajak Bumi dan Bangunan akan Membantu Beli Rumah

Penghapusan PBB untuk rumah huni dari sebelumnya dipungut setahun sekali menjadi sekali saja saat pembelian, membuat masyarakat tidak semakin tertekan

Penghapusan Pajak Bumi dan Bangunan akan Membantu Beli Rumah
ISTIMEWA
Ilustrasi Rumah Murah 

TRIBUNKALTIM.co, JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) melihat penghapusan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) bagi rumah huni, sangat membantu meringankan beban masyarakat dan memacu untuk membeli rumah.

"Kalau PBB dihilangkan, berarti mendukung masyarakat dalam membeli rumah," ucap Direktur Utama BTN, Maryono akhir pekan lalu, Jakarta.

BACA: Mandiri Beri Bunga 9,75 Persen untuk 17 Proyek Perumahan di Samarinda

Maryono yang menjadi bos perbankan pelat merah yang fokus terhadap Kredit Pemilikan Rumah (KPR) tersebut, mengakui permasalahan masyarakat dalam memiliki rumah yaitu terbentur dengan bunga kredit yang cukup tinggi.

Sehingga, penghapusan PBB untuk rumah huni dari sebelumnya dipungut setahun sekali menjadi sekali saja saat pembelian, membuat masyarakat tidak semakin tertekan keuangannya. Sebab, bunga KPR saat ini sebesar 7,25 persen masih terbilang tinggi.

BACA: 2015 jadi Tahun Optimistis, Pengembang tak Lagi Wait & See

Sebelumnya, Kementerian Agraria dan Tata Ruang berencana menghapus PBB bagi rumah huni, tempat ibadah, dan bangunan sosial. Hal itu dilakukan supaya meringankan beban masyarakat dari pungutan PBB tiap tahun.

Editor: Adhinata Kusuma
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved