Risalah

Ini 6 Tuntunan Ketika Terbangun Karena Mimpi Buruk

Berikut 6 tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang jika diamalkan, maka mimpi buruk tersebut tidak akan membahayakan:

Ini 6 Tuntunan Ketika Terbangun Karena Mimpi Buruk
INTERNET
Ilustrasi Mimpi Buruk 

TRIBUNKALTIM.CO - Dari sabda Rasulullah kita mengetahui bahwa mimpi buruk berasal dari syetan. Dari hadits pula kita mengetahui bahwa mimpi buruk itu ada tiga macam: mimpi yang tidak disukai, mimpi yang menakutkan, dan mimpi yang menyedihkan.

Apa yang harus dilakukan ketika seorang Muslim mimpi buruk? Berikut 6 tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang jika diamalkan, maka mimpi buruk tersebut tidak akan membahayakan:

1. Berlindung kepada Allah dari keburukan mimpi tersebut dan dari gangguan syetan

Yakni membaca ta’awudz “A’uudzu billahi minasy syaithanirrajiim” atau ta’awudz lainnya, tiga kali. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

الْحُلْمُ مِنْ الشَّيْطَانِ فَإِذَا حَلَمَ فَلْيَتَعَوَّذْ مِنْهُ وَلْيَبْصُقْ عَنْ شِمَالِهِ فَإِنَّهَا لَا تَضُرُّهُ
“Mimpi buruk berasal dari setan, maka jika salah seorang diantara kalian bermimpi buruk, hendaklah meminta perlindungan kepada Allah karenanya dan meludah ke samping kirinya, sehingga mimpi buruknya tidak membahayakannya" (HR. Al Bukhari)

إِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ الرُّؤْيَا يَكْرَهُهَا فَلْيَبْصُقْ عَنْ يَسَارِهِ ثَلَاثًا وَلْيَسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنْ الشَّيْطَانِ ثَلَاثًا وَلْيَتَحَوَّلْ عَنْ جَنْبِهِ الَّذِي كَانَ عَلَيْهِ
"Apabila salah seorang kamu bermimpi dengan mimpi yang tidak disenanginya, maka hendaklah ia meludah ke kiri tiga kali, berlindunglah kepada Allah dari gangguan syetan tiga kali…" (HR. Muslim). (Baca juga: Ini Sabda Rasulullah Mengenai Pekerjaan yang Baik)

2. Meludah ke kiri tiga kali

إِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ الرُّؤْيَا يَكْرَهُهَا فَلْيَبْصُقْ عَنْ يَسَارِهِ ثَلَاثًا
"Apabila salah seorang kamu bermimpi dengan mimpi yang tidak disenanginya, maka hendaklah ia meludah ke kiri tiga kali..." (HR. Muslim)

3. Bangun dan shalat

Langkah ini lebih kuat daripada langkah sebelumnya. Sebab, dengan shalat seseorang berlindung dan berdoa kepada Allah. Wudhu yang mendahului shalat juga menjaga seseorang dari gangguang syetan dan sihir.

Halaman
12
Editor: Ahmad Bayasut
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved