Banjir

Banjir di Bulungan, 31 BTS Telkomsel Kena Dampak Pemadaman Listrik

Bencana banjir yang melanda Kabupaten Bulungan, Provinsi Kaltara turut berdampak terhadap jaringan telekomunikasi Telkomsel.

Banjir di Bulungan, 31 BTS Telkomsel Kena Dampak Pemadaman Listrik
NET/GOOGLE
Ilustrasi - BTS Telkomsel 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Bencana banjir yang melanda Kabupaten Bulungan, Provinsi Kaltara turut berdampak terhadap jaringan telekomunikasi Telkomsel.

Banjir yang melanda berdampak pada penghentian operasi sebanyak 31 BTS Telkomsel di Kabupaten Bulungan.

Rina Dwi Noviani, Corporate Communication Telkomsel Kalimantan mengungkapkan, jumlah BTS di Kabupaten Bulungan mencapai 45 BTS dan sebanyak 31 BTS terpaksa belum bisa difungsikan karena padamnya aliran listrik.

"Sebagian BTS Telkomsel terpaksa mati akibat banjir dan karena tidak adanya aliran listrik untuk menghindari short circuit bagi warga sekitar. Dari sekian banyak BTS yang beroperasi, tiga BTS di Tanjung Selor masih aktif untuk mendukung jaringan komunikasi di daerah tersebut," kata Rina Dwi Noviani melalui rilisnya, Rabu (11/2/2015). (BACA juga: Telkomsel Luncurkan Paket Bundling iPhone 6)

Kendati demikian, Telkomsel memastikan pihaknya tetap berupaya menjaga jaringan agar masyarakat tetap bisa menikmati layanan meskipun dalam kondisi banjir. "Tim teknik kami beserta para mitra berusaha bahu membahu agar layanan komunikasi dapat maksimal walau dalam kondisi banjir," ujarnya.

Dalam melakukan evakuasi perangkat yang terendam banjir, Telkomsel Regional Kalimantan menurunkan tim yang terdiri dari RTPO, Technical Support dan Corporate Communication Regional Kalimantan serta mengirimkan bantuan berupa perahu karet beserta kelengkapan penunjang untuk membantu warga dan evakuasi aset yang terkena banjir.

"Saat ini kami tengah melakukan berbagai langkah antisipasi guna meminimalisir dampak yang ditimbulkan oleh bencana banjir di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan. Salah satunya adalah memastikan keamanan alat produksi kami, sehingga kelangsungan jaringan tetap aman dan pelanggan tetap dapat menikmati layanan yang prima sekalipun terjadi bencana banjir.” kata Subhan, Pj Manager Network Service Tarakan.  (BACA: Telkomsel Beri Layanan HEBAT untuk Mahasiswa STMIK Balikpapan)

Telkomsel telah melakukan identifikasi terhadap titik BTS yang mengalami gangguan akibat banjir, dan sudah dilakukan langkah antisipasi seperti peninggian lokasi. Telkomsel juga menyiapkan 4 unit genset portable dan mobile, 1 unit Combat Ranger, dan perahu karet TERRA dan perlengkapannya untuk dikerahkan menyuplai kebutuhan listrik di titik BTS yang terkena dampak pemadaman listrik. Selain itu Telkomsel telah menambah kapasitas baterai mendukung di lokasi rawan banjir.

Di titik-titik penting yang merupakan sentra infrastruktur telekomunikasi, Telkomsel menyiapkan 1 lokasi posko yang berada di daerah BTS Cendrawasih yang posisinya lebih tnggi dari pusat banjir. (*)

Penulis: Maipah
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved