Cuaca Buruk

Februari, Lima Kali Kalstar Tunda Penerbangan

Maskapai Kalstar kerap menunda penerbangan pada Februari 2015 ini. Cuaca yang tidak bersahabat menjadi faktor penyebab tertundanya keberangkatan.

Februari, Lima Kali Kalstar Tunda Penerbangan
Tribun Kaltim
Pesawat Kalstar di salah satu bandara di Provinsi Kalimantan Timur. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN -Maskapai Kalstar kerap menunda penerbangan pada Februari ini. Cuaca yang tidak bersahabat menjadi faktor penyebab tertundanya keberangkatan. Hal ini disampaikan Siva, Supervisor Kalstar cabang Balikpapan di kantor cabang Balikpapan, Jalan R Marsma Iswahyudi No 12 Gunung Bakaran, Balikpapan, Kamis (12/2/2015).

Keamanan menjadi faktor utama pada semua keberangkatan pesawat. Meliputi keselamatan penumpang dari tindakan terorisme, kondisi mesin pesawat, cuaca, dan landasan penerbangan. Penundaan yang terjadi pada maskapai Kalstar kerap disebabkan keadaan cuaca dan landasan yang tidak memungkinkan untuk melakukan pendaratan di bandara tujuan. (BACA: Penumpang Kalstar Tertahan Lagi di Tanjung Selor Akibat Cuaca Buruk).

Siva menyebutkan, pihak bandara yaitu PT Angkasa Pura yang memutuskan pesawat layak terbang ataupun tidak. "Bila cuaca tidak memungkinkan, entah hujan lebat, angin kencang, ataupun faktor alam lainnya PT Angkasa Pura menunda keberangkatan pesawat hingga keadaan dinyatakan aman untuk berangkat. Hal ini terjadi pada seluruh maskapai," ungkap Siva.

Untuk Februari 2015 ini, tercatat lebih dari lima kali penundaan pesawat. Penundaan terjadi sekitar dua hingga tiga jam. "Yang paling sering memang di Februari. Sekitar lebih dari lima kali keberangkatan pesawat dari Balikpapan ke Melak tertunda," kata Siva. (BACA: Ke Malaysia, Kalstar Bebas Landing Fee).

Tahun lalu bahkan pernah terjadi batalnya keberangkatan pesawat. "Tahun 2014 pernah terjadi pembatalan keberangkatan pesawat, hal ini terjadi dikarenakan kondisi pesawat yang tidak memungkinkan untuk terbang," tutur Siva. Faktor lain penyebab tertundanya keberangkatan pesawat yaitu kondisi landasan saat melakukan pendaratan. Kondisi landasan yang licin setelah menjadi penyebab tertundanya keberangkatan pesawat. (BACA: Trigana dan Kalstar Kembali Layani Rute Berau).

"Balikpapan yang merupakan bandara Internasional tidak ada masalah baik saat pesawat take off (lepas landas) atau landing (mendarat). Namun untuk bandara perintis seperti Berau dan Melak harus benar-benar dicek sebelum dinyatakan bisa berangkat," ujarnya. (*)

Penulis: Ahmad Sidik
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved