Berita Pemkab Kutai Timur

Gapoktan Kongbeng Panen Raya Padi Sawah 4 Ton Per Hektare

Camat Kongbeng Furkani mengatakan, gabungan kelompok tani (Gapoktan) di kecamatan tersebut berhasil melaksanakan panen raya padi sawah.

Gapoktan Kongbeng Panen Raya Padi Sawah 4 Ton Per Hektare
HO/HUMAS SETKAB KUTIM
Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kecamatan Kongbeng berhasil melakukan panen raya padi sawah di lahan seluas 350 hektar, belum lama ini. Hasil panen mencapai 4 ton per hektare.

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Camat Kongbeng Furkani mengatakan, gabungan kelompok tani (Gapoktan) di kecamatan tersebut berhasil melaksanakan panen raya padi sawah, di lahan seluas 350 hektar, pada pertengahan bulan ini.

“Padi yang dipanen merupakan hasil program pencetakan sawah dan irigasi dari proyek yang didanai APBD I Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan dana APBD II Kutai Timur (Kutim),” kata Furkani, belum lama ini.

Dijelaskannya, padi sawah yang dipanen terdiri dari dua jenis. Yakni padi putih dan padi berwarna merah. Jenis yang dipanen lebih awal adalah padi warna merah. Padi jenis ini harus dipanen lebih dulu, karena jika terlambat akan rusak dan rontok.

Furkani mengkalkulasi, panen raya yang dilaksanakan oleh Gapoktan di Kongbeng dapat menghasilkan gabah 4 ton per hektare. (BACA: Pegawai Kutim Harus Jauhi Narkoba dan Profesional Melayani Masyarakat)

Ini merupakan kabar menggembirakan, sebab hasil panen padi sawah di daerah Kongbeng terus meningkat dari tahun ke tahun. “Rata-rata satu hektar sawah dapat menghasilkan 4 ton padi (gabah),” kata Furkani.

Pemkab Kutim melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) menyatakan sangat gembira dengan prosesi panen raya yang dilakukan petani Gapoktan di Kongbeng.

Distanak juga mengapresiasi dan mendukung upaya yang dilakukan petani dalam meningkatkan hasil produksinya. Sebab, program pengembangan pencetakan sawah yang selama ini dilakukan oleh Pemkab Kutim bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (*)

Penulis: Kholish Chered
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved