Fraksi PAN Siap Ambil Alih Sengketa Lahan di PT Kideco

Persoalan sengketa lahan adat milik warga Paser muncul saat terjadi kantor Kideco didatangi warga Paser. Itu disiarkan dalam rilis Jatam.

Fraksi PAN Siap Ambil Alih Sengketa Lahan di PT Kideco
TRIBUN KALTIM / BUDHI HARTONO
Ketua Fraksi PAN DPRD Provinsi Kaltim, Baharuddin Demmu

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Provinsi Kaltim, Baharuddin Demmu, menyatakan siap merespon membantu menyelesaikan persoalan sengketa lahan warga Paser dan perusahaan tambang PT Kideco Jaya Agung (KJA). Ini ditegaskan Demmu, jika Komisi III DPRD Kaltim enggan merespon persoalan ini.

"Saya atas nama Fraksi PAN siap ambil alih untuk membantu menyelesaikan persoalan sengketa lahan di Paser. Itupun kalau Komisi III enggan meresponnya. Ini lebih kepada tanggungjawab moral saja, sebagai wakil rakyat," ucap Baharuddin Demmu, di Samarinda, Provinsi Kaltim, Minggu (22/2/2015).

Persoalan sengketa lahan adat milik warga Paser muncul saat terjadi kantor Kideco didatangi warga Paser. Itu disiarkan dalam rilis Jatam, (Kamis 19/2/2015) pekan lalu.(Baca juga: Demmu Sebut Komisi III Lambat Respon Persoalan di Kideco )

Dalam rilis itu, disebutkan, sengketa itu bermula dari tahun 2009, saat warga memprotes lahan seluas 598 hektar yang dididuga masuk areal PT. Kideco Jaya Agung.

Ia mengatakan, persoalan sengketa masyarakat di Kabupaten Paser setelah mendapatkan rilis dari Jatam. "Saya pelajari subtansi persoalan itu. Bahkan dirilis itu, sudah ada proses di pengadilan. Tinggal memberikan pemahaman kepada kedua belah pihak," ujar Demmu.

Hanya saja, lanjut dia, untuk memberikan pemahaman, maka perlu dilibatkan Dinas Pertambangan Kaltim dan Kabupaten Paser dan Bupati. "Mereka duduk bersama, berikan pemahaman berdasarkan aturan yang berlaku. Wilayah Paser masih tanggungjawab provinsi. Kesannya, provinsi tinggal diam dengan persoalan ini," cetusnya. (*)

Penulis: Budhi Hartono
Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved