Musik

Komunitas Metal Gelar Konser Sambil Suarakan Kelestarian Lingkungan

Komunitas metal kembali beraksi. Bertema Di Bawah Bendera Distorsi, ajang kepedulian anak muda terhadap lingkungan ini diselenggarakan di Monpera.

Komunitas Metal Gelar Konser Sambil Suarakan Kelestarian Lingkungan
TRIBUN KALTIM/AHMAD SIDIK
Panitia acara bertema Di Bawah Bendera Distorsi berfoto bersama sebelum acara dimulai. Gelaran ini dilaksanakan di Monpera Balikpapan, Minggu (1/3/2015). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Komunitas metal kembali beraksi. Bertema Di Bawah Bendera Distorsi, ajang kepedulian anak muda terhadap lingkungan ini diselenggarakan di Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) Balikpapan, Jalan Jend Sudirman, Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (1/3/2015).

Turut hadir grup metal asal Samarinda yakni Tralis, Glepung, Hatenemy, dan Mixed up. Natalie, seorang kru Intromedia mengatakan, acara ini digelar berkat perjuangan seluruh anggota Intromedia. Baik di atas panggung, konten acara, dan stan yang dirancang dan dilaksanakan secara mandiri.

"Kami bahkan mengelas sendiri besi panggung yang digunakan untuk konser. Semalaman panitia acara tidak tidur demi mempersiapkan acara metal ini," tutur Natalie.

Tujuan gelaran ini untuk memunculkan kembali komunitas metal yang pernah berhenti. "Biasanya acaranya indoor, tapi kali ini outdoor. Acara ini memunculkan kembali komunitas metal yang sempat vakum, selain itu juga kepedulian terhadap lingkungan disuarakan di sini," kata Natalie. (BACA: Dunia Internasional Kagumi Siswi Berhijab Hebat Petik Gitar Metalcore)

Di Bawah Bendera Distori cukup sukses memuaskan dahaga pecinta musik metal. Penonton ikut melompat, headbanging (mengayunkan rambut panjang dan menggelengkan kepala dengan cepat) saat grup metal Tralis membawakan lagu-lagu bertempo keras dan cepat itu.

Wahyu, penonton konser mengaku senang dengan acara tersebut. "Metal sudah menjadi bagian dari jiwa saya, jadi selain koleksi merchandise dan pakaian ala metal, setiap konser metal wajib diikuti," ujar Wahyu.

Selain aksi panggung para grup band metal, ada juga pameran poster dari Forum Peduli Teluk Balikpapan. Tujuannya mengajak para pemuda untuk lebih peduli dengan lingkungan. (BACA: Soal Hukuman Mati, Band Metal Napalm Death Kirim Surat ke Presiden Jokowi)

"Setiap ada konser reagge, punk, atau metal, kami diundang untuk menyuarakan kepedulian terhadap lingkungan. Pemutaran film, orasi lingkungan kami lakukan pada acara konser," ujar Paul, anggota Forum Peduli Teluk Balikpapan. (*)

Penulis: Ahmad Sidik
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved