Bandara Melalan Melak akan Ganti Nama jadi Melalan Sendawar Kubar

DPRD dan Pemkab mengaku sepakat mengganti nama Bandar Udara Melalan Melak menjadi Bendara Melalan Sendawar Kubar.

Bandara Melalan Melak akan Ganti Nama jadi Melalan Sendawar Kubar
kotasendawar.blogspot.com
Ilustrasi - Bandara perintis di Melalan, Sendawar, Kabupaten Kutai Barat. 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR- Meskipun belum ada kesepakatan formal melalui pertemuan antara DPRD dan Pemerintah Daerah (Pemda) Kutai Barat (Barat), akan tetapi kedua belah pihak mengaku sepakat mengganti nama Bandar Udara Melalan Melak menjadi Bendara Melalan Sendawar Kubar.

Seperti yang diketahui, DPRD dan Pemda Kubar sebelumnya sempat bersitegang terkait pergantian nama bandara. Di mana Pemda mengusulkan nama bandara Melalan Melak di ganti dengan nama bandara Melalan Sendawar, guna memperkenalkan Sendawar sebagai ibu Kota Kubar ke masyarakat umum. Akan tetapi usulan tersebut ditolak oleh DPRD, yang mengusulkan nama baru yakni Kubar sebagai pengganti nama Melak.

"Kami (Pemda) mengakomodir semua nama yang diusulkan untuk mengganti nama Melak pada nama bandara. Baik itu Sendawar maupun nama lain yakni Kubar yang diusulkan oleh DPRD," ucap Asisten II Bidang Pembangunan, Perekonomian dan kesejahteraan Masyarakat, Kubar, Ir Meriel Elisa, Senin (9/3).

Menurut Meriel, dalam waktu dekat ini pihaknya akan mengagendakan pertemuan dengan DPRD untuk membahas nama baru pada bandar udara Melalan.

Ia menjabarkan, adanya ide bahwasanya akan memasang dua usulan nama yang sebelumnya menjadi perdebatan antaran DPRD dan Pemkab, yang sama-sama ingin mengusung nama terbaik untuk menggantikan kata Melak pada nama bandara tersebut.

Hal itu berkaca dari nama bandara di Balikpapan yang sebelumnya hanya Bandara Sepinggan Balikpapan saja, dan saat ini berubah menjadi Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.

Wacana tersebut ditanggapi positif oleh Ketua DPRD Kubar, FX Yapan. Ia mengaku setuju apabila nama Bandara Melalan Melak diganti dengan nama Bandara Melalan Sendawar Kubar.

"DPRD menyetujui usulan nama yang diajukan oleh Pemda yakni Melalan Sendawar Kutai Barat (Kubar)," tegasnya.

Menurut Yapan, adanya nama Sendawar dan Kubar yang tercantum pada nama bandara di Kutai Barat itu secara otomatis akan memperkenalkan kepada masyarakat luas disegala penjuru wilayah Indonesia, bahwasanya Sendawar terletak di Kutai Barat.

Seperti yang diketahui, kata Yapan, pada pertemuan beberapa waktu lalu yang membahas penggantian nama bandara antara DPRD dan Pemda, DPRD menolak nama Sendawar yang diusulkan oleh Pemda. Sebab nama tersebut hanya mengakomodir satu wilayah saja. "Jadi kami (DPRD) mengusulkan nama Kubar, kerena nama Kubar mengakomodir semua wilayah yang ada di kota Beradat ini," tandasnya.(tribunkaltim)

Penulis: Febriawan
Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved