Alhamdulillah, Persediaan Stok Makanan Gizi Ibu Hamil Melimpah

. Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan Provinsi, sedikitnya 1.380 paket PMT telah disuplai untuk empat kabupaten.

Alhamdulillah, Persediaan Stok Makanan Gizi Ibu Hamil Melimpah
TRIBUN KALTIM / M ARFAN
Satu unit kendaraan pickup Hilux di Kantor Dinas Kesehatan Kaltara, Rabu (11/3/2015), siap membawa Paket PMT dan Tablet Fe ke Tana Tidung dan Malinau. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR – Permintaan stok makanan bagi kebutuhan gizi ibu hamil dan balita di Kallimantan Utara (Kaltara) oleh Dinas Kesehatan Provinsi dinilai cukup besar.

Hal tersebut dilihat dari tingginya kuantitas suplai Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berupa biskuit ke seluruh kabupaten dan kota di Kaltara. Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan Provinsi, sedikitnya 1.380 paket PMT telah disuplai untuk empat kabupaten.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kaltara H Usman menyebutkan, suplai makanan PMT selama tahun 2015 sudah didistribusikan ke Malinau sebanyak 350 paket untuk balita plus 20 paket untuk balita.

Selanjutnya di Bulungan, didistribusikan sebanyak 500 paket untuk ibu hamil dan 100 paket untuk balita. Suplai ke Tana Tidung dan Nunukan sendiri, berjumlah masing-masing 200 dan 100 paket untuk ibu hamil serta 60 dan 50 paket untuk balita. (Baca juga: Waduh, 405 Kilometer Perbatasan Belum Punya Pos Pengamanan )

“Kalau untuk Tarakan, kami tidak suplai, karena mereka ada pengadaan sendiri. Jadi selama ini tidak ada permintaan dari sana,” jelas Usman mendampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltara, Suryanata, Rabu (11/3/2015) di ruang kerjanya.

Selain PMT, untuk kabupaten dan kota di Kaltara pun akan dipasok tambel Fe (tablet penambah darah) untuk ibu-ibu hamil, berdasarkan usulan yang diterima Dinas Kesehatan Kaltara.

Sesuai usulan yang ada, sedikitnya 273.000 tablet Fe akan didistribusikan ke beberapa daerah dalam waktu dekat. Jika dirincikan, distribusi tersebut sebanyak 210.000 tablet ke Nunukan, 45.000 tablet ke Tarakan, 12.000 tambel ke Malinau, dan Tana Tidung sebanyak 6.000 tablet. (Baca juga: Arsyad Keukeuh Dengan ARB )

“Itu usulan dari empat kabupaten dan kota. Sedangkan usulan Bulungan sampai saat ini belum masuk. Kami minta secepatnya mengajukan agar stok yang ada di gudang penyimpanan sementara tidak kadaluarsa,” jelasnya.

Usman menambahkan, pemberian PMT bagi balita dan ibu hamil sangatlah penting untuk menjaga asupan gizi yang seimbang sehingga bayi di dalam kandungan maupun balita dapat mencapai tumbuh kembang yang optimal. Di dalam PMT terkandung berbagai macam nutrisi penting seperti zat besi, vitamin A, kalsium dan folat.

“Jangan sampai terjadi kekurangan gizi kepada anak-anak. Oleh karena itu, sejak dalam kandungan, ibu-ibu disarankan konsumsi makanan tambahan. Kemudian kepada balita juga agar kebutuhan gizinya seimbang,” ujarnya.

Sedang tablet Fe lanjut Usman, sangat penting bagi ibu-ibu hamil. Tablet ini dapat membantu proses pembentukan sel darah merah sehingga mencegah terjadinya penyakit anemia (kurang darah) hingga angka kematian ibu hamil. (*)

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved