Dua Bunker Perang Dunia II Dipindah

Kami diminta Pemkot Tarakan untuk memberikan solusi rencana pemindahan bunker ke Tugu 99. Setelah kami melihat kondisinya di lapangan

Dua Bunker Perang Dunia II Dipindah
TRIBUN KALTIM/WAWAN PERDANA
Bunker di samping rumah Siti, dijadikan gudang penyimpanan barang bekas, Sabtu (3/1/2015). 

TRIBUNKALTIM.CO - Dua bunker (tempat persembunyian) peninggalan sejarah perang dunia ke II yang letaknya berada di dalam Bandara Juwata Tarakan rencananya akan dipindahkan ke Tugu Monumen 99 yang berada di depan pintu gerbang Bandara Juwata Tarakan.

Untuk memindahkan bunker ini, Pemkot Tarakan bersama Manajemen Bandara Juwata Tarakan tidak bekerja sendiri, namun melibatkan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). (Baca juga: Bunker Jepang jadi Gudang Barang Bekas)

Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permesuman Direktorat Jenderal Kemendikbud, Hari Widianto mengungkapkan, pihaknya memberikan apresiasi kepada Pemkot Tarakan yang turut melibatkan pihaknya untuk melakukan pemindahan dua bunker ini. (Baca juga: Anak Lahir Cacat, Ny Montgomery Menang Gugatan Rp 86 Miliar )

"Kami diminta Pemkot Tarakan untuk memberikan solusi rencana pemindahan bunker ke Tugu 99. Setelah kami melihat kondisinya di lapangan, pemindahan bunker ini dapat dilakukan. Nantinya di Tugu 99 dibangun sebuah bukit dan dibukit inilah dua bunker ini diletakkan sesuai aslinya," ucapnya," Rabu (11/3/2015) usai melakukan koordinasi di ruang kerja Sekkot Tarakan. (*)

Penulis: Junisah
Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved