Sinopsis Film

American Sniper: Legenda Penembak Jitu

BANYAK film menarik akhir pekan ini. Dari sutradara Clint Eastwood datang Amerika Sniper yang dibintangi Bradley Cooper sebagai Chris Kyle.

American Sniper: Legenda Penembak Jitu
INTERNET

TRIBUNKALTIM.CO - BANYAK film menarik akhir pekan ini. Dari sutradara Clint Eastwood datang Amerika Sniper yang dibintangi Bradley Cooper sebagai Chris Kyle. Film dengan genre action biografi ini mengangkat kisah nyata Chris Kyle, penembak jitu Navy Seal yang paling mematikan di Amerika dengan jumlah korban sebanyak 160 orang.

Berawal dengan tayangan si Ayah Chris Kyle (Bradley Cooper) memberikan wejangan prinsip kehidupan, yaitu pelaku, korban, penyelamat. Dengan prinsip inilah dia mendidik anak-anaknya dengan ketat untuk menjadi "penyelamat." Chris Kyle muda (Bradley Cooper), awalnya seorang koboi rodeo di Kota Texas. Kemudian memilih jalan hidup untuk mengabdi kepada negara dan menjadi seorang Navy Seal. (BACA: Chappie Robot Cerdas Bernaluri Manusia)

Saat mengikuti pelatihan, Chris paling menonjol saat sesi tembak jarak jauh. Dia akhirnya digolongkan sebagai anggota sniper. Sebelum memasuki kisah Chris lebih dalam, kita bahas dulu kisah perjalanan cintanya. Chris dan seluruh anggota Navy SEAL masih proses pelatihan saat itu mendapat jadwal senggang. Dan waktu senggang itu, dihabiskan berpesta di bar. Dari bar itu, Chris akhirnya bertemu seorang wanita hingga akhirnya menjadi istrinya, Taya Renae Kyle (Sienna Miller). Saat pesta perkawinannya, Chris dan rekan-rekannya mendapat panggilan tugas pertama.

Tur pertama, dimulai saat Taya hamil. Ditugaskan sebagai penembak jitu di Irak. Awal kali penugasan, Chris terpaksa membunuh seorang wanita dan anak laki-laki yang ingin melemparkan granat ke pasukan Amerika. Dari situ, Chris mulai "dingin" dan banyak membunuh orang golongan apapun yang mengancam keselamatan pasukannya. Akhirnya ia mendapat gelar sebagai Sang Legenda di sana. Setelah misi selesai, dia beserta pasukannya diizinkan kembali ke rumah. Menanti kelahiran anak pertamanya, Chris agak kesulitan beradaptasi dengan kehidupan normal. Taya mulai khawatir dengan kondisi tersebut. Taya selalu berkata padanya untuk "pulang" sepenuhnya. Sebab, Chris merasa jiwanya masih berada di medan perang.

Namun, saat itu ucapan Taya tak dihiraukan. Chris dengan prinsip "sang penyelamat" kembali ke medan perang. Tugasnya disini adalah menangkap Zarqawi, kaki tangannya Osama Bin Laden. Karena misinya tak terselesaikan, Chris ikut lagi dalam tur ketiga. Setiap Chris balik ke rumah, Taya si istri selalu berusaha dan berkali-kali mengatakan padanya untuk "pulang" seutuhnya, menjadi ayah dari dua orang anak laki dan perempuan hasil perkawinan mereka.

Chris saat kembali ke medan perang, ternyata pihak musuh menamai dirinya sebagai "The Devil of Ramadi." Pihak musuh membuat sayembara senilai $ 21.000 ( sekitar Rp 250 juta ) untuk siapapun yang berhasil membunuh Kyle. Tak berapa lama ditingkatkan menjadi $ 80.000 (hampir Rp 1 miliar).

Pada 2008 atau tur keempat, di pinggiran kota Sadr, Chris berhasil menembak seorang sniper sekaligus kaki tangan Osama bin Laden, Zarqawi. Dari jarak 2.100 meter yang sebenarnya untuk senapan digunakan Chris jarak pandang snipernya kurang begitu jelas. Namun, Chris berhasil menembak Zarqawi yang ingin meluncurkan rocket ke konvoi tentara Amerika hanya dengan satu tembakan. Tetapi, keputusan yang dia ambil membuat lokasi para anggota sniper terkepung oleh ratusan musuh. Pada akhirnya, Chris dan keenam rekannya berhasil lolos dari kepungan, walaupun paha kanannya sempat tertembak. Selama penugasan di Irak, Chris alami penembakan sebanyak dua kali dan sempat terjebak pada sebuah ledakan besar. (BACA: Si-Won Super Junior Bantu Jackie Chan Taklukkan Pemimpin Romawi)

Chris Kyle akhirnya meninggal dunia pada 2 Februari 2013, namun bukan dibunuh musuh. Tetapi di tangan Eddie Ray Routh, seorang Veteran Marinir yang stress pascatrauma. Film ini masih diputar di beberapa bioskop di Balikpapan dan Samarinda. Selamat menonton. (*)

American Snipper
Genre : Aksi, Thriller
Studio : Warner Bros. Pictures
Sutradara : Clint Eastwood
Produser : Bradley Cooper, Clint Eastwood, Robert Lorenz, Andrew Lazar
Penulis Naskah : Jason Dean Hall
Pemain :
Bradley Cooper, Sienna Miller, Luke Grimes, Kyle Gallner, Jake McDorman, Cory Hardrict, Navid Negahban, Eric Close, Eric Ladin, Sammy Sheik, Sam Jaeger, Reynaldo Gallegos, Joel Lambert

Penulis: Ade Miranti
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved