Usaha Percetakan Syamsuddin Untung Lima Kali Lipat

Pemilik usaha percetakan Rahmat Nur, Syamsuddin Patiroi mengatakan, sudah ada dua kandidat yang memesan baliho atau spanduk.

Usaha Percetakan Syamsuddin Untung Lima Kali Lipat
TRIBUN KALTIM / BUDHI HARTONO
Syamsuddin Patiroi memperlihatkan mesin cetak buatan Jepang merek Konica dan Heidleberg buatan Jerman di kantornya di Jalan Hidayatullah, Gang Bhakti, no.9, Kelurahan Pelabuhan, Kecamatan Samarinda Kota, Provinsi Kaltim, Senin (6/4/2015). Ia menangguk keuntungan lima kali lipat jika momentum Pilkada.

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada), bisnis percetakan mulai kebanjiran order.

Bahkan bisa untung lima kali lipat. Meskipun belum ada kepastian pasangan dari masing-masing calon kandidat Pilwali (pemilihan walikota) atau Pilbup (pemilihan bupati).

Pemilik usaha percetakan Rahmat Nur, Syamsuddin Patiroi mengatakan, sudah ada dua kandidat yang memesan baliho atau spanduk.

"Ada dua bakal kandidat yang sudah pesan baliho dan spanduk," kata Syamsuddin, enggan sebut dua kandidat, ditemui TRIBUNKALTIM.CO di Jalan Hidayatullah, Gang Bhakti, no.9, Kelurahan Pelabuhan, Kecamatan Samarinda Kota, Provinsi Kaltim, Senin (6/4/2015).

Meski banyak persaingan di usaha percetakan, lanjut Syamsuddin, menyiasati agar bisnis percetakannya diminati dengan memberikan diskon 20 persen.

"Harga cetak normal Rp 25 ribu permeter. Tapi, kalau bakal kandidat sudah resmi sebagai kandidat, harganya mendapat diskon 20 persen," tuturnya.

Menurut dia, setiap momentum pilkada, ia mendapatkan keuntungan mencapai 25 persen.

Keuntungan itu dari harga normal. "Alhamdulillah, keuntungan bisa lima kali lipat, kalau order pilkada," ungkapnya.

Untuk menjaga kualitas produknya, Syamsuddin menggunakan mesin Heidleberg buatan Jerman dan Konica, Komori buatan Jepang dengan menggunakan bahan flexi dengan ukuran perrolnya 3x70 meter.

"Beli kebutuhan bahan kain dan tinta, di Surabaya," tambahnya. (*)

Penulis: Budhi Hartono
Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved