Buku Harian Ahli Matematika Ini Laku Rp 13 Miliar. Apa Isinya?

Sebuah buku catatan ilmiah yang disusun oleh ahli matematika, Alan Turing, terjual satu juta dolar atau sekitar Rp13 miliar di New York.

Buku Harian Ahli Matematika Ini Laku Rp 13 Miliar. Apa Isinya?
Getty/BBC
Buku catatan milik Alan Turing ini dilelang, bersama dengan mesin pemecah kode Enigma yang ia buat. 

TRIBUNKALTIM.CO - Sebuah buku catatan ilmiah yang disusun oleh ahli matematika, Alan Turing, terjual satu juta dolar atau sekitar Rp13 miliar di New York.

Buku ini merupakan satu dari sedikit saja naskah yang dimiliki oleh kepala tim yang memecahkan kode rahasia Jerman pada Perang Dunia Kedua itu.

Buku catatan itu terjual seharga US$1.025.000 kepada pembeli yang tak disebut namanya.

Tulisan tangan bertarikh 1942 itu dibuat ketika ia bekerja di Bletchley Park dan dipercayakan kepada pakar matematika Robin Gandy sesudah kematian Turing.

Gandy menyimpan seluruh naskah Turing ini di pusat arsip di King's College, Cambridge, pada 1977.[Baca: Jago Matematika, Bocah Berusia 10 Tahun Ini Mahasiswa Termuda di Inggris]

Namun ia menyimpan sendiri buku catatan harian itu karena adanya pesan pribadi yang tertulis di halaman tengah buku itu.

Ahli matematika dan penulis Andrew Hodges mengatakan, "Alan Turing ini amat pelit dengan kata-kata dan segala yang dihasilkan oleh tulisannya pasti punya nilai khusus."

Alan Turing bunuh diri di tahun 1954 sesudah perawatan hormon untuk 'menyembuhkan' dirinya dari homoseksualitas, yang ia pilih ketimbang dipenjara karena sebab itu.

Kisah hidupnya difilmkan dengan judul The Imitation Game yang dibintangi oleh Benedict Cumberbatch dan mendapat nominasi Piala Oscar tahun ini.(BBC)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved