Berita Video

VIDEO – Warga Memanfaatkan Lahan Tidur Untuk Menanam Sahang

“Saya sudah lama bertani. Tapi baru kali ini saya menamam sahang, soalnya ada yang mau beli hasil kebun (lada) saya,”

VIDEO – Warga Memanfaatkan Lahan Tidur Untuk Menanam Sahang
Tribun Kaltim/Budi Susilo
Petani Sahang di Bulungan 

TRIBUNKALTIM.CO, MANGKUPADI – Beginilah masyarakat Desa Mangkupadi Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara memanfaatkan lahan tidur di daerahnya.

Beberapa warga menyulap lahan tidur menjadi perkebunan tanaman lada atau bahasa lokalnya disebut sahang.
Siang itu, Syamsul Alam (35), pria kelahiran Desa Mangkupadi sedang berada di kebun ladanya, yang ada diarea sekitar satu hektar. Pohon-pohonnya pun sudah tinggi, tumbuh subur, daunnya rimbun meski buah ladanya masih hijau.

“Saya sudah lama bertani. Tapi baru kali ini saya menamam sahang, soalnya ada yang mau beli hasil kebun (lada) saya,” ungkapnya kepada Tribunkaltim, pada Minggu (5/4/2015) siang. (Baca: Wow, Petani Ini Menunggu Panen Ratusan Juta Rupiah)

Dia tidak sendiri, sebenarnya ada puluhan petani lainnya yang berminat berkebun lada. Antara lain, Ahmad Herdiana (41), petani lada mengungkapkan, menanam lada sangat mudah dilakukan.

Tidak banyak pantangan dalam menanam Lada, tumbuhannya kuat tidak rentan terhadap serangan hama. “Kalau sudah panen biasanya ada pembeli yang datang sendiri kesini (Desa Mangkupadi),” ujarnya.

Penulis: Budi Susilo
Editor: Martinus Wikan
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved