Komunitas COC

Klub Game COC Bangun Kebersamaan dan Kesabaran

PERANG, membangun benteng, menjaga pertahanan, semua bahasa ini sering dibahas ketika memainkan sebuah permainan yang paling digandrungi

Klub Game COC Bangun Kebersamaan dan Kesabaran
TRIBUN KALTIM/ Ade Miranti
Klub Clash of Clans Balikpapan 

TRIBUNKALTIM.CO - PERANG, membangun benteng, menjaga pertahanan, semua bahasa ini sering dibahas ketika memainkan sebuah permainan yang paling digandrungi kebanyakan oleh pria, Clash of Clans (COC). COC adalah sebuah game strategi untuk iOS dan android. Game online tersebut dikembangkan oleh Supercell di Firlandia dan dirilis pada 2 Agustus 2012 untuk sistem iOS.

Dari hasil riset, pemakaian android semakin marak. Akhirnya Supercell menyantumkan COC dalam aplikasi android pada 7 Oktober 2013. Sampai sekarang game strategi ini mulai dimainkan dari berbagai kalangan dan usia, tidak hanya para pria, wanita pun juga ikut memainkannya. (BACA: Stand Up Comedy Balikpapan, Komika Termuda Kelas 6 SD)

Begitu pula dengan Club COC yang ada di Balikpapan. Seorang pemain Clash of Clans, Mahmud Syahroni disapa Mahmud mengungkapkan di waktu senggang, menyempatkan diri bermain. Pasalnya, dia juga seorang mahasiswa sekaligus karyawan di sebuah perusahaan besar di Balikpapan.
"Kalau lagi jenuh atau lagi istirahat kerja, aku pasti main. Kadang COC-nya ku standby," katanya.

Sekitar 30 orang tergabung Club COC Balikpapan, lanjut dia, hampir tiap hari berkumpul di kafe Burjo Gunung Malang dan Warung Pati area Pasar Baru. Mereka walaupun beragam profesi, ketika bermain COC tidak terlihat perbedaan tersebut. Kebersamaan, ungkap Mahmud, adalah gambaran berkumpul kala malam melepas penat dari aktivitas.

"Kalau di Clans anggotanya ada tiga puluh, yang aktif ngumpul lima belas orang. Kita kalau sudah ngumpul begini, biasa dari Senin sampai Sabtu jadi ramai. Di Warung Pati ini sudah setahun kita nongkrong. Dulu di kafe Burjo," katanya.

Permainan strategi secara online yang diunduh jutaan orang hampir seluruh dunia, selain sebagai penghilang penat. Ternyata, baginya, menambah perkenalan teman juga. Apalagi, sambung dia, ada enam cewek tergabung dalam Club COC ini. (BACA: Menyulap Lahan Sempit Jadi Ladang Pangan Keluarga)

"Clans ini bisa nambah teman yang nggak kita kenal. Nggak mesti harus satu kampus atau satu kerjaan. Dan rata-rata banyak pekerja. Cewek juga ada, mereka ada yang pacarnya teman. Ada juga teman kampus," ujarnya.
Selain seru, game ini menguji kesabaran juga. Sebab, kata dia, permainan COC sering melakukan upgrade. Ada juga cerita pengalaman berbagi ilmu bagi anggota yang baru mengikuti permainan COC.

"Main ini (COC) butuh kesabaran. Soalnya banyak upgrade defend-defend. Terus juga kalau ada yang baru bergabung, kita-kita bisa sharing pengalaman. Bagaimana cara menyusun strategi benteng biar nggak kalah. Terus gunakan penyerang apa aja. Nanti kalau sudah main, terus berhasil ke tahap selanjutnya.. Itu yang bikin ketagihan," kata Mahmud. (*)

Tags
Komunitas
Penulis: Ade Miranti
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved