Jelajah Sepeda Kompas

Barongkok dan Buras Tandas dalam Setengah Jam

Berbagai makanan disajikan sebagai bekal sarapan. Makanan khas daerah pun disajikan. Seperti barongkok, yang merupakan makanan khas Sulawesi.

TRIBUN KALTIM/ANJAS PRATAMA
Seorang peserta menyantap barongkok, yang disajikan Bupati PPU, Sabtu (9/5/2015) di Kabupaten Penajam Paser Utara. 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Tiba di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Sabtu (9/5/2015), peserta Jelajah Sepeda Banjarmasin-Balikpapan disambut hangat Bupati PPU Yusran Aspar.

Berbagai makanan disajikan sebagai bekal sarapan. Makanan khas daerah pun disajikan. Seperti barongkok, yang merupakan makanan khas Sulawesi.

Makanan tersebut kemudian menjadi idola para peserta. Hanya dalam waktu kurang setengah jam, makanan tersebut pun tandas. Selain barongkok tersedia pula buras.

Rombongan dari Kompas Cycling Club yang saat itu bersantap di meja yang sama, berkomentar seputar makanan tersebut.

Baca juga: Diajak Gowes, Bupati Ini Tertawa

"Di daerah kami juga ada. Namanya jojongko. Tetapi berbeda, karena dibuat dari kelapa dan disajikan dengan gula merah," ucap Agus Hermawan.

Sementara itu, protokol Pemkab PPU Yudis menyebut, barongkok adalah makanan khas Sulawesi yang dibuat dari pisang dan telur yang dikukus. Lebih enak lagi jika dimasukkan kulkas terlebih dahulu dan disajikan ketika dingin.

Pukul 08.30 Wita, peserta kemudian berangkat menuju Balikpapan, menggunakan kapal ferry yang bersandar di pelabuhan Penajam. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved