Sinopsis Film

Toba Dreams: Tergelak dan Terisak

Sersan Tebe (Mathias Muchus) sosok yang idealis. Maka ketika pensiun dari Angkatan Darat, ia memilih mengajak seluruh anggota keluarganya

Toba Dreams: Tergelak dan Terisak
TRIBUNNEWS
Vino G Bastian dan Marsha Timothy saat jumpa pers film Toba Dreams, beberapa waktu lalu 

TRIBUNKALTIM.CO - SIAPA bilang mendidik anak itu gampang? Buktinya Sersan Tebe (Mathias Muchus) begitu sulit mengendalikan anak pertamanya Ronggur Maruhum (Vino G Bastian) di film Toba Dreams yang mulai ditayangkan serempak pada 30 April.

Sersan Tebe (Mathias Muchus) sosok yang idealis. Maka ketika pensiun dari Angkatan Darat, ia memilih mengajak seluruh anggota keluarganya kembali ke kampung halaman di Balige, Danau Toba, Sumatera Utara. Ia tak mau lagi tinggal di rumah dinas yang selama ini Sersan Tebe dan keluarga tempati di Jakarta, karena sudah bukan lagi menjadi haknya.

Sebelum kepindahan, sempat terjadi perdebatan antaran Sersan Tebe dan Ronggur. Ronggur merasa kehidupannya ada di Jakarta. Terutama kekasihnya, Andini (Marsha Timothy) yang berat ia tinggalkan.

Namun apa daya, Ronggur yang putus kuliah itu harus mengikuti keinginan sang ayah. Begitu juga dengan dua orang adiknya, Sumurung (Haykal Kamil) dan Taruli (Vinnesa Inez). Mereka sebenarnya juga enggan kembali ke kampung dan ingin menetap di Jakarta. (BACA: Toba Dreams Banjir Pujian di Media Sosial)

Akhirnya, keluarga Sersan Tebe pun kembali ke tanah kelahiran di sekitar wilayah Danau Toba. Sesampai di sana harus beradaptasi dengan kehidupan kampung, di antaranya harus mandi di kali dan tinggal di rumah tradisional yang tidak memiliki kamar.

Ronggur dan Sumurung terlibat perkelahian. Ronggur merasa kesal dengan adiknya karena tidak berani mengatakan kalau mereka tidak ingin pulang ke kampung. Sementara Sumurung, merasa sang kakak terlalu kelewatan dan kurang ajar karena selalu membangkang perintah sang ayah.

Ronggur Maruhum di film ini memiliki watak keras kepala, egois, terobsesi ingin menjadi kaya dan sukses. Namun, obsesi dia untuk menjadi orang kaya memilih menghalalkan segala acara. Sedangkan Sumurung sang adik, mempunyai sifat yang penurut dan lembut. Sifat ini juga sama dimiliki adiknya paling bungsu Taruli. Sikap Ronggur membuatnya merasa dianaktirikan oleh ayahnya sendiri.
Ronggur memutuskan untuk balik ke Jakarta menemui Andini sang kekasih. Namun, kembalinya Ronggur ke ibukota negara ini mengawali kisah kelamnya. Andini dijodohkan dengan pria dengan latar belakang ayah Jenderal. Tetapi, Ronggur tidak diam begitu saja. Dia berusaha membuktikan keseriusannya dengan Andini, tetapi memilih profesi yang salah. Ronggur sebelum masuk ke dunia kriminal, bekerja sebagai supir taksi. Akan tetapi, dia mengalami nasib apes. Ada tiga penumpang, ternyata seorang bandar narkotika. Melihat sikap berani si Ronggur, bos bandar narkotika menawarkan dirinya untuk bergabung sebagai pengantar narkotika.

Ronggur menceritakan kejadian itu kepada teman akrabnya Ramon Y Tungka. Ramon menyarankan agar tak menerima tawaran tersebut. Tetapi, impiannya ingin menjadi orang kaya. Akhirnya memutuskan untuk bergabung hingga dia memiliki harta yang berlimpah. Dia mengajak nikah lari Andini ke Gereja di kampung halaman Ronggur. Ayah Ronggur masih mencurigai kesuksesan yang diraih anak pertamanya tersebut.
Pada film durasi 144 menit ini, mengisahkan juga perbedaan agama tapi damai dan akur dalam satu keluarga. Dampak buruk narkotika, dan nilai edukasi lain yang juga dijual dalam film ini menjadikannya film yang layak untuk ditonton. Diselingi nuansa komedi yang segar membuat film yang berdasarkan novel karya TB Silalahi ini tidak bosan ditonton. Keindahaan alam Danau Toba juga menambah nilai tambah film ini. Toba Dreams merupakan salah satu film karya anak bangsa yang harus diapresiasi. Agar para sineas semakin semangat memproduksi film-film berkualitas lainnya. (*)

Toba Dreams
Rilis : 30 April 2015
Genre : Drama
Sutradara : Benny Setiawan
Produser : Rizaludin Kurniawan
Produksi : TB Silalahi Center, Semesta Production
Official : twitter.com/ToBaDreamsFilm
Untuk usia (13+)
Pemain: Vino G Bastian, Mathias Muchus, Marsha Timothy, Jajang C. Noer, Ramon Y. Tungka, Haykal Kamil, Boris Bokir, Ajil Ditto, Judika, Paloma Kasia.

Penulis: Ade Miranti
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved