Astronom Temukan Bintang 'Kanibal' Berwarna Biru di Angkasa

Sifat dari bintang itu membuat heran para ahli dan dibuat bingung dalam pengamatannya.

Astronom Temukan Bintang 'Kanibal' Berwarna Biru di Angkasa
mirror
Penampakan bintang besar berwarna biru yang diberi nama Nasty 1. 

TRIBUNKALTIM.CO - Para astronom telah menemukan sebuah bintang besar di alam semesta ini. Mereka memberi nama bintang berwarna biru tersebut yaitu Nasty 1.

Bintang ini mereka juluki sebagai bintang "kanibal" karena memakan dirinya sendiri, demikian seperti dilansir Mirror, Sabtu (23/5/2015).

Teleskop Hubble menunjukkan sebuah gambar terbaru dari bintang "aneh" yang disebut NaSt1 dan dikelilingi oleh gas awan selebar tiga triliun mil dari inti bintang tersebut.

Sifat dari bintang itu membuat heran para ahli dan dibuat bingung dalam pengamatannya. Bintang ini seolah-olah akan membunuh dirinya sendiri.

Bintang Nasty ternyata memecah diri dan membuat dirinya terbelah menjadi dua bintang. Bintang yang satunya sedang memburu bintang yang lain seolah-olah akan memakannya.

"Jenis bintang kanibal yang tidak rapi ini kami namakan Nasty 1 karena sesuai dengan cirinya," ujar Jon Mauerhan dari Universitas California, Berkeley.

Bintang yang rakus tersebut merupakan sebuah bintang yang mengeluarkan bola api sangat besar yang sebelumnya menyemburkan lapisan hidrogen di antariksa dan menjadi lebih kecil daripada sebuah lapisan helium yang sangat panas.

Proses ini sering disebabkan oleh angin luar angkasa, tetapi menurut para ahli menganggap Nasty merupakan sebuah bintang yang akan memakan dirinya yang lain. Proses ini dikenal sebagai pemindahan massal (mass-transfer).

"Itulah apa yang kami pikirkan yang sedang terjadi dengan Nasty 1. Kami berfikir ada sebuah bintang "Wolf-Rayet" terpendam di dalam nebula dan kami pikir nebula sedang dibentuk oleh proses mass-transfer," tambah Mauerhan.

Bintang ini telah mencipatakan piringan gas yang indah sekitar bintang. Untungnya bintang kanibal ini berjarak 3.000 tahun cahaya. Jadi bintang ini tidak akan membunuh manusia dalam waktu cepat. (mirror.co.uk)

Penulis: Jino Prayudi Kartono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved