Breaking News:

Pilkada Samarinda

Rudi Sebut Donna, Awang Ferdian dan Norbaiti Bisa Ikut Pilkada

Namun, lanjut dia, setelah draf tersebut disosialisasikan melalui konsultasi publik dan konsultasi dengan DPR RI ada beberapa pasal yang berubah.

Penulis: Budhi Hartono | Editor: Ahmad Bayasut
TRIBUN KALTIM / BUDHI HARTONO
Ketua KPU Kota Samarinda, Ramaon Dearnov Saragih (tengah) menjelaskan tahapan untuk calon perseorangan di pemilihan walikota 2015. Penjelasan itu disampaikan dalan konferensi pers tahapan calon perseorangan, di lantai 2 Gedung KPU Kota Samarinda, Jalan Juanda No. 18, Kelurahan Air Putih, Kecamatan Samarinda Ulu, Samarinda, Provinsi Kaltim, Minggu (24/5/2015) 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kaltim menyatakan, bakal calon yang ikut pemilihan walikota dan bupati, Dayang Donna Faroek, Awang Ferdian dan Norbaiti (istri Isran Noor), dipastikan berpeluang mengikuti Pilkada serentak 2015.

Ini diungkapkan Ketua Divisi Teknis KPU Provinsi Kaltim, Rudiansyah.

"Kami dari KPU Kaltim berkewajiban menyampaikan informasi berkaitan polemik pencalonan. Menurut Draf PKPU (Peraturan KPU) tentang pencalonan, maka Awang Ferdian dan Dayang Donna Farouk tidak dapat maju dalam Pilkada di kab/kota di Kaltim. Dan Norbaiti Isran Noor juga tidak dapat pula maju dalam Pulkada di Kutim. Itu menurut draf," kata Rudiansyah di temui Kantor KPU Jalan Basuki Rahmat, Kelurahan Bugis, Kecamatan Samarinda Kota, Provinsi Kaltim, Minggu (24/5/2015). (Baca juga: Pemilih Ganda Dicek Langsung Petugas PPS )

Namun, lanjut dia, setelah draf tersebut disosialisasikan melalui konsultasi publik dan konsultasi dengan DPR RI ada beberapa pasal yang berubah.

"Dengan Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2015 yang telah ditetapkan, justru ketiganya dapat maju dalam Pilkada serentak 2015. Demikian disampaikan untuk menghindari kekeliruan dalam memahami Peraturan KPU," jelas Rudi sapaan akrabnya. (Baca juga: Kandidat Calon Perseorangan Harus Didukung 56.503 Jiwa )

Dalam PKPU Nomor 9 Tahun 2015 Tentang pencalonan yang teah ditetapkan pada Bab I Ketentuan Umum.

Di bagian penjelasan menyebutkan, dalam Peraturan yang ditetapkan, maka ketentuan tersebut dihapus.

Sehingga Awang Ferdian Hidayat dan Dayang Donna Farouk dan Norbaiti dapat maju dalam Pilkada di kab/kota se Kaltim. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved