Fashion

Ini Dia Tampilan Celana Jeans Berusia 130 Tahun

Celana jeans yang dianggap legendaris tersebut, meski telah berusia lebih dari seratus tahun, masih berada di kondisi yang baik dengan model.

Ini Dia Tampilan Celana Jeans Berusia 130 Tahun
TIME.COM
Rayakan ulangtahun ke-142, Levi s rilis celana jeans berusia 130 tahun 

TRIBUNKALTIM.CO - Merayakan 142 tahun ulang tahun dari Levi's 501 jeans, Levi Strauss & Co, menghadirkan kembali arsip celana jeans pada era awal yang diluncurkan tahun 1880.

Celana jeans yang dianggap legendaris tersebut, meski telah berusia lebih dari seratus tahun, masih berada di kondisi yang baik dengan model yang menyerupai jeans masa kini.

"Selain terlihat garis penggunaan, beberapa lubang kecil dan sobekan, celana yang dibuat sekitar tahun 1880an ini masih tetap asli," ujar juru bicara dari Levi’s 501 Jeans.

Levi Strauss si pencipta celana jeans bersejarah menamakan celana jeans tersebut dengan nama "New Nevada Jeans," karena celana ini dibuat di Massachusetts, Amerika Serikat, yang terkenal dengan industri tambang.

Baca: Ripped Jeans, Makin Banyak Sobekan, Makin Keren!

Celana jeans tersebut ternyata memiliki perbedaan dibanding celana jeans lainnya. Gaya rancang celana jean’s Levi’s lawas ini bentuknya lebih lurus, dengan patch kulit di bagian tengah pinggang. Padahal celana jeans Levi's biasanya terkenal dengan patch kulit pada bagian kanan.

Levi’s sendiri kali pertama diperkenalkan saat era pertambangan emas di Amerika pada abad ke-19. Pemerintah Amerika Serikat memberikan hak paten pada tahun 1873 dan merekomendasikan Levi Strauss untuk membuat perusahaan celana jeans secara resmi. Sebab, pemerintahan setempat melihat fungsi celana jeans yang sangat praktis untuk para pekerja tambang dan lapangan.

Oleh karena itu, sampai di abad ke 20, celana jeans mulai melebarkan bisnis ke ranah mode. Tujuannya supaya dapat dipergunakan oleh semua orang, tak terkecuali orang yang tak bekerja di lapangan. (Silvita Agmasari)

Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved