Kesehatan

Kerja jadi Semangat? Pilih Lima Kudapan Ini

Di siang atau sore hari saat beraktivitas di kantor, ada saat dimana Anda begitu ingin menyantap atau meminum sesuatu untuk meningkatkan semangat.

Kerja jadi Semangat? Pilih Lima Kudapan Ini
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO - Di siang atau sore hari saat beraktivitas di kantor, ada saat dimana Anda begitu ingin menyantap atau meminum sesuatu untuk meningkatkan semangat serta fokus saat bekerja.

Biasanya kopi menjadi minuman pilihan. Nah, ada baiknya Anda tidak memilih kopi, sebaliknya pilihlah kudapan lain yang mampu meningkatkan energi sekaligus menyehatkan.

"Kudapan dengan kombinasi protein dan karbohidrat kompleks adalah pilihan terbaik untuk melambatkan pembakaran energi sepanjang hari sampai tiba waktu makan malam," ujar Jessica Cording MS ED CDN, pakar diet asal New York City, Amerika Serikat.

Untuk membantu Anda memilih kudapan yang mampu meningkatkan fokus dan semangat saat bekerja di kantor, Cording memilih beberapa alternatif kudapan yang bisa Anda konsumsi. Berikut adalah lima pilihan kudapan yang disarankan:

Baca: Agar Bugar Berpuasa, Cukupi Karbohidrat dan Protein

1. Yoghurt rendah lemak
Cording menjelaskan, bakteri probiotik pada yoghurt menyeimbangkan pencernaan sehingga tubuh merasa nyaman. Selain itu, yoghurt juga mengandung protein dan kalsium untuk membentuk tulang. Cording menyarankan Anda untuk memilih yoghurt tanpa rasa, karena perasa dan pemanis tambahan hanya akan membuat Anda merasa lelah dan lemas. Berikan topping berupa bubuk kayu manis untuk menyeimbangkan gula darah dan buah beri sebagai sumber serat tambahan.

"Lebih baik pilih yoghurt rendah lemak ketimbang tanpa kemak, karena akan membantu tubuh menyerap vitamin A dan D pada yoghurt," saran Cording.

2. Cokelat murni
Menurut studi terbaru yang dilakukan para ahli di Northern Arizona University, cokelat murni atau dark chocolate telah terbukti memperbaiki fokus Anda secara sekejap. Salah satu manfaat cokelat jenis ini adalah membantu menurunkan tekanan darah bila dikonsumsi dengan takaran sesuai.

"Cokelat murni juga membantu Anda merasa lebih enerjik dan memperbaiki kemampuan Anda untuk fokus," imbuh Cording.

3. Popcorn
Penyajian tiga gelas popcorn mengandung 100 kalori, 4 gram serat, dan 3 gram protein. Berdasarkan riset American Chemical Society, popcorn pun mampu meningkatkan konsentrasi serat dan polifenol antioksidan ketimbang sayur dan buah. Namun, sebaiknya jangan pilih popcorn instan yang disajikan dengan microwave. Buatlah popcorn Anda sendiri tanpa terlalu banyak mentega atau garam,

4. Telur
Telur rebus mengandung 12 gram protein dan 150 kalori. Lemak pada telur membuat Anda tetap kenyang dan fokus, menurut studi yang dipublikasikan pada Nutrition Today. Untuk mengurangi lemak atau kolesterol, Cording menyarankan Anda untuk mengurangi konsumsi kuning telurnya.

5. Sayuran
Sayuran pun dapat menjadi kudapan sehat yang Anda santap di kantor. Menurut Cording, ada baiknya Anda memilih sayuran yang mengandung kadar air tinggi, seperti mentimun atau seledri. Selain membuat Anda tetap merasa kenyang, sayuran ini juga membuat Anda tidak kekurangan cairan. (Sakina Rakhma Diah Setiawan)

Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved