Breaking News:

Lebaran

Remisi Lebaran, Penting Bagi Napi dan Kapasitas Lapas

Dari 465 warga binaan yang berada di lapas tersebut, hanya 282 nama saja yang akan memperoleh remisi dari Kakanwail Hukum dan HAM.

HO
Seorang petugas (kiri) memperlihatkan ruang tahanan yang sudah over kapasitas di Rutan Klas II B Balikpapan, beberapa waktu lalu. Saking padatnya, penghuni rutan kesulitan hanya untuk sekadar merebahkan tubuh. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Warga binaan di Lapas Klas II A Samarinda patut bersyukur, pasalnya terdapat empat napi yang akan langsung bebas pada remisi hari raya Idul Fitri tahun ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Lapas klas II A Samarinda, Gumelar.

Dia menjelaskan jika pihaknya telah mengajukan rekomendasi nama-nama narapidana yang berhak memperoleh remisi ke kantor wilayah Kementrian Hukum dan HAM (Kakanwil Hukum dan HAM) Kalimantan Timur.

"Kami sudah kirim nama-nama napi yang patut dipertimbangkan untuk memperoleh remisi ke Kakanwil Hukum dan HAM Kaltim belum juga keluar," ucapnya, Rabu (15/7/2015).

Dari 465 warga binaan yang berada di lapas tersebut, hanya 282 nama saja yang akan memperoleh remisi dari Kakanwail Hukum dan HAM.

BACA: Lebaran, 7 Napi Dapat Remisi Langsung Bebas

Remisi tersebut dianggap penting bagi para napi dan juga pihak lapas, pasalnya saat ini jumlah napi yang berpada di lapas telah melebihi jumlah tampung kapasitas napi yang hanya berjumlah 250 orang.

"Selain dapat mengurangi jumlah masa tahanan para napi, jika nanti banyak yang langsung bebas, tentu saja akan membuat lapas semakin longgar, karena saat ini napi yang ada sudah melebihi daya tampung di sini," tuturnya.

Dengan jumlah penghuni lapas yang telah melebihi daya tampung, tentu membuat petugas keamanan di lapas tidak dapat maksimal dalam melakukan penjagaan.

Saat ini hanya terdapat 63 petugas lapas, dan terdapat 40 petugas yang bekerja efektif dalam mealkukan penjagaan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved