Breaking News:

Lebaran

Menteri Agama: Idul Fitri Jatuh Hari Jumat Besok, 17 Juli 2015

"Alhamdulillah, tahun ini, semua Umat Islam memasuki 1 Syawal bersama-sama. Besok pagi, Jumat (17 Juli 2015, Red) kita sudah merayakan Idul Fitri

Editor: Domu D.Ambarita
TRIBUN SUMSEL/ABRIANSYAH LIBERTO
Seorang pegawai Badan Hisab dan Rukyat Sumsel melakukan pengamatan hilal dari atas Hotel Aryaduta Palembang. (TRIBUN SUMSEL/ABRIANSYAH LIBERTO) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNKALTIM.CO - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengumumkan Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijirah berlasngung besok, Jumat (17/7/2015.

Menurut Lukman, ia telah mendapat penjelasan dari pakar astronomi dari Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama Cecep Nuwendaya yange menyebut terlihat hilal di beberapa tempat.

"Itu artinya, ketinggian dan lokasi hilal, pada ketinggian setidak-tidaknya 2 derajat. Maka sesungguhnay telah bisa memasuki kriteria, bahwa hilal sudah memungkinkan untuk dilihat. Dan dalam sidang istbat, kami mendapat laporan, setidak-tidaknya ada empat temapt yang berhasil melihat hilal."

Keempat tempat tiu adalah di Universitas Indonesia Depok Jawa Barat; Gresik Jawa Timur dan Bojonegoro di Jawa Timur, serta Kepulauan Seribu Jakarta.

"Dengan danya empat titik yang melihat hilal, maka semua peserta sidang istbah, maka malam ini kita sudah memasuki 1 Syawal 1436 H," kat Lukman.

"Alhamdulillah, maka tahun ini, semua Umat Islam memasuki 1 Syawal bersama-sama. Besok pagi, Jumat (17 Juli 2015, Red) kita sudah merayakan Idul Fitri," ujar Lukman.

BACA JUGA: Sebentar Lagi, Hari H Idul Fitri 2015 akan Diumumkan

 
Menteri Agama Lukman Hakim. (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA)

Hal itu disampannya saat memimpin sidang istbat yang dihadiri para pemuka agama Islam dan tokoh masyarakat Islam di kantor Kementerian Agama, Kamis (16/7/2015) petang.

Kementerian Agama menggelar Sidang Itsbat awal Syawal 1436 H, Kamis (16/7/2015) sore. Sidang Itsbat berlangsung tertutup di ruang Auditorium HM.Rasjidi, Gedung Kementerian Agama, Jakarta. Wartawan tidak dibolehkan mengikuti sidang. Petang ini akan diumumkan hari H, Idul Fitri 2015.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved