Idul Fitri 1436 Hijriyah

Lebaran, Volume Sampah Melonjak Jadi 400 Kubik

Beranjak dari itu, ia pun tetap mengerahkan seluruh petugas kebersihan meski dalam suasana Lebaran.

Lebaran, Volume Sampah Melonjak Jadi 400 Kubik
TRIBUN KALTIM / MARGARET SARITA
Petugas kebersihan Kutim tetap bertugas di sekitar momentum Idul Fitri 1436 Hijriyah. Dalam waktu-waktu tersebut, volume sampah justru melonjak signifikan. 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Unit Pelaksana Teknis Kebersihan, Pertamanan, dan Pemakaman, (UPT KPP) Kutai Timur menurunkan seluruh anggotanya untuk membersihkan sampah, terutama di tempat pelaksanaan shalat Idul Fitri, seperti masjid dan lapangan.

Kepala UPT KPP Kutai Timur, Basuki Isnawan, mengatakan, volume sampah pada hari Lebaran cukup tinggi, yakni 400 kubik. Volume itu meningkat signifikan dibanding saat puasa, apalagi hari biasanya, yang berkisar 250 kubik per hari.

Beranjak dari itu, ia pun tetap mengerahkan seluruh petugas kebersihan meski dalam suasana Lebaran.

“Volume sampah pada hari lebaran mencapai 400 kubik. Tapi petugas kebersihan kami siapkan terus, hingga kondisi jalan maupun kawasan pemukiman, tetap bersih dari sampah setiap hari,” ujar Basuki, Senin (20/7/2015).

Untuk menjaga agar Kota Sangatta bebas dari tumpukan sampah pada hari pertama Lebaran, UPT KPP Kutim mengerahkan 250 petugas kebersihannya.

Mulai malam Lebaran, hari H, sampai H+3 ini, mereka pun tetap bertugas.(Baca juga: Peningkatan PAD Kutim Tergantung Upaya Penggalian Potensi Retribusi)

“Mereka bekerja sejak pawai takbiran hingga pagi pukul 06.00. Sementara mereka yang Muslim istirahat, yang non Muslim mereka tetap bekerja. Ada juga petugas yang berjaga di lokasi sholat Idul Fitri,” kata Basuki. (*)

Penulis: Margaret Sarita
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved