Tips

Agar Sayuran Tetap Segar, Ini Cara Menyimpannya

Bosan dengan makanan Lebaran? Makan sayur, dong! Stok berbagai sayuran dan perhatikan tips menyimpan sayuran agar tetap segar.

SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO - Bosan dengan makanan Lebaran? Makan sayur, dong! Stok berbagai sayuran dan perhatikan tips menyimpan sayuran agar tetap segar.

Di musim libur Lebaran biasanya kita kesulitan membeli sayuran segar setiap hari, karena tukang sayur banyak yang pulang kampung. Padahal, kita mulai bosan makan makanan Lebaran yang mayoritas daging dan ayam, serta bersantan.

Untuk menyiasatinya, kita bisa mulai menyetok sayuran. Takut layu? Tenang! Berikut beberapa tips menyimpan sayuran agar tetap segar.

* Pilih yang Benar-benar Segar
Saat membeli sayuran, kita harus teliti. Pastikan sayuran tidak cacat, berubah warna, dll. Sebab, kesalahan memilih sayuran merupakan awal mula gagalnya menyetok sayuran. Kalau kita salah memilih sayuran, kemungkinan sayuran yang disimpan cepat busuk lebih besar.

* Cuci Sayuran dengan Air Dingin
Sebelum disimpan, bersihkan dulu sayuran dari kotoran yang menempel, agar sayuran bisa berada dalam kondisi yang segar dalam waktu lama. Cuci seluruh sayuran dengan menggunakan air dingin.

*Simpan dalam Wadah/ Plastik Kedap Udara
Setelah sayuran yang sudah dicuci bersih kering, masukkan ke dalam wadah/ plastik kedap udara. Selain untuk menjaga kesegarannya, wadah/ plastik kedap udara juga bisa mencegah kontaminasi bahan makanan/ minuman lain dengan sayuran yang kita simpan.

Kalau tidak ada wadah/ plastik kedap udara, kita bisa menggunakan plastik biasa yang dilubangi kecil-kecil di beberapa bagiannya.

Baca: Agar Anak Gemar Makan Sayuran, Simak Trik Ini

Bungkus dengan Tissue Dapur
Selain wadah/ plastik kedap udara, kita bisa mempergunakan tissue dapur untuk menyimpan sayuran. Tissue dapur bisa menyerap kelembaban, sehingga sayuran yang disimpan bisa segar lebih lama.

* Gentong atau Panci Aluminium
Kalau tidak punya kulkas, kita bisa menyimpan sayuran di dalam gentong atau wajan dari tanah liat. Letakkan gentong atau wadah tadi ke dalam pot besar (tanpa lubang) yang juga terbuat dari tanah, yang telah diisi air sampai setengahnya.

Atau, bisa juga menyimpan sayuran di dalam panci alumunium yang kering. Tutup rapat-rapat panci, lalu taruh di tempat yang sejuk.
Dengan cara menyimpan di gentong atau panci aluminium, sayuran akan tahan sampai dua – tiga hari.

* Pisahkan Tempat Penyimpanan Sayuran
Jangan satukan sayuran dengan bahan makanan lain, terutama yang dapat menimbulkan bau, perubahan warna, juga berair, agar sayuran tidak terkontaminasi dengan unsur bahan lainnya. Tips ini berlaku untuk menyimpan sayuran di kulkas, maupun di gentong atau panci aluminium.

Selamat mencoba tips menyimpan sayuran agar tetap segar! (*)

Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved