Maknyus, Lezatnya Sajian Sup Durian Ini

"Sangat enak, apalagi yang original," ujar Siska yang datang bersama anaknya, Naomi.

Maknyus, Lezatnya Sajian Sup Durian Ini
Tribun Jabar/Ardi Wahid
Sup durian 

TRIBUNKALTIM.CO - Tidak semua orang menyukai buah berduri ini. Buah dengan julukan "Raja" dari semua buah ini memang memiliki aroma yang sangat kuat. Bahkan banyak wisatawan dari luar Asia Tenggara menyamakan bau durian dengan tempat sampah.

Tetapi, bagi warga Indonesia dan umumnya Asia Tenggara, buah ini sangat digandrungi hingga memiliki julukan yang "wah" tersebut. Durian pun tanpa hitungan kilo, melainkan per buahnya yang dihargai mulai Rp 20.000 hingga Rp 100.000.

Selain dinikmati langsung, ada beragam olahan durian. Misalnya durian yang tersaji ala es, yaitu sup durian. Salah satu kafe yang menyajikan sup durian adalah AZ Durian Milk di Jalan Dipatiukur Bandung. Selain sup durian, AZ pun menyajikan Durian Pancake dan Durian Milk yang cocok dicemil pada siang hari yang panas di musim kemarau ini.

"AZ Durian Milk ini dinamai dari huruf pertama kedua anak saya," ujar Amin, pemilik AZ Durian Milk, yang sedang mengembangkan bisnisnya setelah berganti-ganti tempat bekerja sejak tahun 2006.

Selain itu, AZ merupakan sebuah filosofi alfabet A hingga Z yang berarti, Plan A hingga Z dengan slogan "Never Give Up", sebagai kata mutiara yang terpampang di kedai ini.

AZ Durian Milk menyajikan berbagai sajian sup durian dengan berbagai pilihan rasa, di antaranya adalah cokelat, green tea, dan original. Uniknya, AZ menyajikan sup durian tanpa biji dengan es yang terpisah dari mangkuknya.

"Dari pengalaman dan pantauan, banyak orang yang kurang suka jika memakan sup durian atau dessert lain jika terlalu banyak tambahan es. Selain itu, rasanya pun menjadi hambar karena es meleleh dan tercampur dengan buah," ujar Amin, mengutarakan penyebab es disajikan terpisah.

Sup durian yang tersaji merupakan adonan dari daging durian yang telah diblender dan dicampur dengan bahan lain, contohnya green tea dan cokelat. Tribun pada kesempatan ini mencoba The King Original, yaitu sup durian tanpa tambahan apapun. Rasanya durian sangat kuat pada sajian ini.

Aroma dan rasa durian yang khas sangat terasa pada sajian durian ini. Tekstur sup pun sangat kental dengan banyak irisan daging berada di dalam mangkuk. Selain rasa orisinal, rasa green tea pun menyajikan sensasi baru melahap sup durian. Sup durian justru terasa gurih dengan aroma dan rasa durian tidak sekuat biasanya.

Keseimbangan rasa gurih, manis dan khas durian tersaji dalam sajian sup durian green tea ini. Teksturnya pun lebih lembut dan tidak sekental rasa original. Satu saran, jika ingin rasa green tea lebih terasa, sup harus diambil dalam cukup banyak hingga memenuhi mulut.

Halaman
12
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved