Pelangi Menyerupai Ekor Phoenix Muncul di Daerah Ini Selama 1 Jam

api pelangi yang menyerupai ekor phoenix hanya dapat terbentuk di tingkat tinggi awan cirrus yang terdiri dari kristal es kecil.

Pelangi Menyerupai Ekor Phoenix Muncul di Daerah Ini Selama 1 Jam
Mirror.co.uk
Pelangi unik yang menyerupai ekor Phoenix muncul di wilayah Carolina Selatan, Amerika Serikat selama 1 jam. 

TRIBUNKALTIM.CO – Sebuah gambar pelangi yang indah menyerupai burung phoenix muncul di Isle of Palms, Carolina Selatan, Amerika Serikat, selama sekitar satu jam pada hari Minggu lalu.

Orang-orang di Isle of Palms tercengang melihat fatamorgana tersebut. Tampilan luar biasa seperti api pelangi ini jarang terjadi.

Ahli meteorologi Justin Lock mengatakan api pelangi yang menyerupai ekor phoenix hanya dapat terbentuk di tingkat tinggi awan cirrus yang terdiri dari kristal es kecil.

"Untuk menghasilkan warna pelangi sinar matahari harus memasukkan kristal es pada sudut yang tepat untuk memberikan efek prisma spektrum warna," kata Lock, menambahkan bahwa matahari juga harus berada di ketinggian minimal 58 derajat di atas cakrawala.

BACA: Inilah Bayi Tercantik di Dunia yang Memiliki 100.000 Followers di Facebook

"Sekali lagi, itu ada hubungannya dengan mendapatkan sudut yang tepat."

Istilah teknis untuk fenomena ini adalah busur circumhorizontal.

Efek yang sama dapat disaksikan di matahari terbenam berwarna-warni, di mana tingkat tinggi awan cirrus menghasilkan banyak warna karena sudut rendah matahari mencerminkan dan difraksi cahaya, memproduksi warna merah brilian, jeruk dan ungu.

Seorang saksi mengatakan, pelangi api yang muncul itu mengingatkannya pada seorang teman yang baru saja meninggal. (Mirror)

Penulis: Syaiful Syafar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved