Pendidikan

Kisah Adam, Pemuda Provinsi Perbatasan Raih Beasiswa ke Tiongkok

Alasan dirinya mencari beasiswa karena ingin meringkankan beban orangtuanya.

Penulis: Budi Susilo |
TRIBUNKALTIM.CO/BUDI SUSILO
Adam, pria kelahiran Tanjung Selor yang mendapat beasiswa kuliah di perguruan tinggi Jiangsu, Tiongkok. 

Laporan wartawan TribunKaltim.co, Budi Susilo

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR – Sering kita mendengar kalimat mutiara, "Raihlah ilmu setinggi-tingginya sampai ke Negeri tirai bambu".

Di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, ada seorang remaja bernama Adam yang usianya baru menginjak 18 tahun.

Setamat dari Sekolah Menengah Kejuruan pada tahun ini, Adam langsung mencari informasi beasiswa kuliah di perguruan tinggi luar negeri.

“Saya cari-cari dapat. Ada program dari Pemkab Bulungan, beasiswa kuliah ke Tiongkok. Saya ikut seleksi, akhirnya dapat juga,” katanya kepada TribunKaltim.co, pada Sabtu (5/9/2015).

BACA JUGA: Wah, 100 Siswa Bersaing Ikuti Tes Beasiswa ke Rusia

Alasan dirinya mencari beasiswa karena ingin meringkankan beban orangtuanya. Kuliah ke luar negeri impian terbesarnya.

Kelak bila sudah selesai selama tiga tahun di Tiongkok, dirinya akan kembali lagi ke daerah kelahirannya Tanjung Selor.

“Saya akan membangun Kalimantan Utara (Kaltara), pakai limu yang saya dalami di Tiongkok,” ujar Adam yang mengambil jurusan Computer Network Technology di Jiangsu Agri Animal Husbundry Vocatioral Collage.

Sesudah ada kabar Adam diterima sebagai peraih beasiswa di Tiongkok, kedua orangtuanya meragukan, karena kuliah di Tiongkok selama tiga tahun pisah jauh dari keluarga.

BACA JUGA: Tularkan Virus Membaca, Ridwan Menyulap Perahu jadi Perpustakaan

“Orangtua saya khawatir kalau saya nanti tidak bisa pulang. Saya berusaha memberi pemahaman bahwa suatu saat saya kembali lagi ke Kalimantan Utara untuk ikut membangun daerah kelahiran saya,” ungkap pria beralmamater SMK Negeri 1 Tanjung Selor ini.

Pada Jumat 4 September 2015, Adam bersama teman-teman lainnya sudah diresmikan oleh Penjabat Bupati Bulungan, Syaiful Herman, untuk pergi kuliah ke Tiongkok atas bantuan dari Pemkab Bulungan. (*)

***

UPDATE berita eksklusif, terbaru, unik dan menarik dari Kalimantan. Cukup likes fan page  fb TribunKaltim.co  atau follow twitter  @tribunkaltim


Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved