Kebakaran Hutan

Kabut Asap Menyebar, Anak-anak pun Menderita ISPA

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Subono.

Kabut Asap Menyebar, Anak-anak pun Menderita ISPA
TRIBUN KALTIM/JUNISAH
Dinkes Kota Tarakan beberapa waktu lalu membagikan masker kepada warga Kota Tarakan saat kabut asap melanda Kota Tarakan. 

TRIBUNKALTIM.CO.TARAKAN - Penderita penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) di Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) dalam beberapa hari terakhir ini meningkat.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Subono.

"Peningkatannya naik 10 persen dari tahun lalu. Namun angka pastinya saya kurang tahu pasti ada berapa jumlahnya, karena data itu ada sama staf saya," ucap Subono, Senin (7/9/2015) di Kantor Walikota Tarakan.

Penderita yang terkena ISPA diakui Subono, kebanyakan dari kalangan anak-anak, ketimbang orang dewasa.

"Dari informasi yang kami terima di beberapa puskemas yang kami jadikan sampel di Kota Tarakan kebanyakan anak-anak usia di bawah usia 10 tahun," katanya.

Baca: Lagi, Sehari 4 Penerbangan Tertunda Akibat Kabut Asap

Puskesmas yang dijadikan sampel untuk menentukan jumlah penderita penyakit ISPA adalah, puskesmas yang ada dalam kota dan pinggiran kota, yakni Puskemas Juata Laut, Pantai Amal, Gunung Lingkas dan Karang Rejo.

Untuk mengantisipasi agar jumlah penderita ISPA, tidak semakin meningkat, Dinkes Kota Tarakan telah membagikan masker gratis di beberapa lokasi di Kota Tarakan, terutama beberapa siswa yang ada di sekolah Pantai Amal.

"Kami beberapa waktu lalu telah memberikan masker gratis di jalan-jalan dan sekolah-sekolah kepada warga Tarakan. Untuk pemberian masker lagi akan kami melihat situasinya terlebih dahulu, kalau masih ada kabut asap di Tarakan akan kami bagikan. Namun kami melihat seperti asap kabut telah menipis karena beberapa hari ini turun hujan," tuturnya. (*)

***

UPDATE berita eksklusif, terbaru, unik dan menarik dari Kalimantan. Cukup likes fan page  fb TribunKaltim.co  atau follow twitter  @tribunkaltim

Penulis: Junisah
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved