Tips

Pertolongan Pertama untuk Keluarga Bisa Didapat dari 5 Bahan Dapur Ini

Isi dapur Anda ternyata bisa jadi andalan untuk kondisi-kondisi darurat.

Pertolongan Pertama untuk Keluarga Bisa Didapat dari 5 Bahan Dapur Ini
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO - Isi dapur Anda ternyata bisa jadi andalan untuk kondisi-kondisi darurat. Berikut adalah 5 bahan dapur yang sudah teruji secara ilmiah memiliki manfaat untuk mengobati gejala penyakit ringan.

1. Madu
Para dokter anak di Amerika Serikat tidak menganjurkan orangtua untuk memberi obat bagi anak mereka yang sedang flu atau batuk. Tapi jangan panik, sebagai alternatif Anda bisa memberikan satu sendok teh madu saat si kecil batuk. Namun, pemberian madu tidak direkomendasikan untuk anak berusia kurang dari setahun karena risiko keracunan bakteri.

2. Obat kumur
Obat kumur yang biasanya dipakai setelah menyikat gigi ternyata bisa menjadi resep ampuh mengatasi sariawan atau radang tenggorokan.

3. Es batu
Untuk mengurangi bengkak atau nyeri pada luka cedera, gunakan kompres dingin menggunakan es batu. Kompreslah tak lebih dari 20 menit untuk mencegah radang beku.

Baca: Perabotan Dapur Anda Berbahan Stainless Steel? Ini Trik Merawatnya

4. Pasta baking soda
Selain dipakai untuk membuat kue, baking soda juga bisa menjadi pertolongan pertama saat digigit serangga. Caranya, campurkan tiga sendok teh baking soda dengan satu sendok teh air lalu usapkan pada bagian yang gatal.

5. Jahe
Berbagai penelitian menunjukkan manfaat jahe untuk mengurangi mual dan muntah, mulai dari saat hamil sampai sakit akibat ketinggian. Jahe bisa direbus lalu airnya diminum hangat-hangat. (*)

***

UPDATE berita eksklusif, terkini, unik dan menarik dari Kalimantan.

Like fan page fb TribunKaltim.co 

dan follow twitter  @tribunkaltim

Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved