Kebakaran Hutan

Anak Sekretaris Dinkes di Kota Ini Juga Menderita ISPA

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tarakan, awal Juli jumlah pasien ISPA 3.686 orang dan Agustus bertambah menjadi 4.427 orang.

Anak Sekretaris Dinkes di Kota Ini Juga Menderita ISPA
TRIBUN KALTIM/JUNISAH
Sekretaris Dinkes Kota Tarakan Rifanie 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - Kabut asap yang akhir-akhir ini terjadi di Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), ternyata mengakibatkan bertambahnya jumlah penderita Penyakit Inspeksi Saluran Napas Akut (ISPA).

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tarakan, awal Juli jumlah pasien ISPA 3.686 orang dan Agustus bertambah menjadi 4.427 orang. Diperkirakan September jumlah penderita ISPA meningkat.

"Untuk data September belum ada, karena kita masih himpun. Data ini kami dapatkan dari tujuh puskesmas yang ada di Kota Tarakan. Tapi kami perkirakan September jumlah penderita ISPA bisa bertambah, karena beberapa hari lalu kabut asap semakin pekat," ucap Sekretaris Dinkes Kota Tarakan, Rifanie, Jumat (18/9/2015) di ruang kerjanya.

Rifanie mengatakan, dari laporan puskesmas rata-rata pasien menderita ISPA tidak ada yang akut hanya cukup diberikan obat dan perlu istirahat menjaga kesehatannya.

Baca: Di Kabupaten Ini, Jumlah Anak Penderita ISPA Meningkat

"Dari jumlah penderita ISPA yang ada, kebanyakan dari anak-anak balita," katanya.

Rifanie mengaku, akibat kabut asap, anaknya sendiri yang berusia 4,5 tahun beberapa waktu lalu sempat menderita ISPA. Namun kini anaknya sudah sehat kembali setelah berobat jalan dan diberikan obat oleh dokter.

"Waktu itu anak saya batuk dan napasnya tiba-tiba sesak. Melihat ini saya langsung bawa ke dokter praktek dan anak saya langsung diberikan nebu (nebulizer/uap -- red) dan obat. Kata dokter anak saya menderita ISPA, yah syukurnya setelah di nebu dan diberikan obat empat hari langsung sembuh," ucapnya. (*)

***

UPDATE berita eksklusif, terbaru, unik dan menarik dari Kalimantan. Cukup likes fan page  fb TribunKaltim.co  atau follow twitter  @tribunkaltim

Penulis: Junisah
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved