Interior

Ini Syarat Konsep Sederhana Hunian Tropis

Penerapan konsep ini juga harus mempertimbangkan kondisi lingkungan sekitar rumah dan aspek-aspek alamnya.

ideaonline.co.id
Hunian tropis dengan jendela besar sebagai bukaan yang bermanfaat melancarkan pertukaran udara. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Menerapkan konsep hunian tropis pada rumah tinggal bukan sekadar memperbanyak bukaan, seperti jendela maupun taman di tengah rumah (patio).

Penerapan konsep ini juga harus mempertimbangkan kondisi lingkungan sekitar rumah dan aspek-aspek alamnya.

Arsitek Cosmas Gozali mengatakan, esensi dari hunian tropis tidak harus seputar bangunan rumah berjendela banyak atau bermaterial kayu. Ada beberapa kriteria sederhana konsep hunian tropis yang bisa Anda terapkan di rumah, yaitu sebagai berikut.

Arah hadap bukaan

Tujuan dibuatnya banyak bukaan pada hunian tropis tentu untuk mempermudah sirkulasi udara agar hawa ruangan tetap terjaga. Namun, hal itu harus mempertimbangkan kondisi dari lingkungan tersebut.

Cosmas mencontohkan, kondisi rumah di kawasan pegunungan dengan kecepatan angin yang tinggi. Menurut dia, ada baiknya bukaan justru hanya dibuat pada sisi bangunan yang tidak menghadap arah angin. Bila angin berhembus dari arah barat, bukaan dapat ditambahkan pada sisi utara dan selatan bangunan saja.

Baca: Renovasi Rumah Tanpa Biaya Mahal

Atap lebar

Desain atap lebar, seperti atap rumah-rumah tradisional, bukan sekadar membuat fasad rumah tampak teduh ternaungi, tapi juga menjaga agar udara panas di dalam rumah terkumpul di area atas ruangan. Di beberapa sisi atap juga dibuat lubang angin agar udara panas tidak terjebak dan dapat keluar.

Rumah panggung

Halaman
12
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved