Breaking News:

Kesehatan

Lelah? Pijat 3 Titik Ini dengan Jari Tangan Sendiri

Dalam tradisi penyembuhan tradisional Cina, dipercaya ada aliran energi konstan yang disebut chi.

THINKSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO - Saat tubuh terasa sangat lelah namun Anda sedang berada di tengah pekerjaan dan tak mungkin beristirahat, pijatan akupresur dengan jemari tangan sendiri cukup efektif bangkitkan energi.

Dalam tradisi penyembuhan tradisional Cina, dipercaya ada aliran energi konstan yang disebut chi. Energi ini mengalir dalam saluran yang disebut meridian.

Di sepanjang meridian itu ada titik-titik yang bisa ditekan yang berhubungan dengan bagian lain tubuh. Penekanan terhadap titik-titik tertentu bisa menyembuhkan gejala-gejala tertentu.

Gejala penyakit pada dasarnya adalah sumbatan atau ketidakseimbangan aliran energi chi. Praktisi akupuntur bisa mengembalikan keseimbangan dengan menekan titik-titik di sepanjang meridian.

Penelitian juga menunjukkan pijatan pada titik tertentu bisa melepaskan pereda nyeri alami yang disebut endorfin dan juga menghambat pengiriman sinyal nyeri di sepanjang saraf. Manfaat yang bisa kita rasakan adalah menghilangkan lelah dan insomnia.

Baca: Selalu Pijat Suami Sepulang Sosialisasi

Gunakan jari jempol atau telunjuk dan jari tengah. Tekan masing-masing titik selama 3 menit. Berikut adalah tiga titik akupresur yang bisa Anda tekan dengan jari-jari sendiri untuk memulihkan energi.

1. Bagian bawah tulang tengkorak atau sekitar bagian atas leher belakang. Tekan perlahan dan satu jari pijat melebar ke bagian tulang belakang.

2. Bagian bantalan antara sendi ibu jari dan telunjuk.

3. Bagian telapak kaki sekitar beberapa sentimeter dari jari kaki. (*)

***

UPDATE berita eksklusif, terbaru, unik dan menarik dari Kalimantan. Cukup likes fan page  fb TribunKaltim.co  atau follow twitter  @tribunkaltim


Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved