Kebakaran

Diperkirakan 100.000 Pohon di Hutan Konservasi Orangutan Hangus Terbakar

Untuk jenis tumbuhan sangat beragam, mulai dari pohon kayu keras seperti meranti, bangkirai, gaharu, serta jenis tanaman buah hutan.

net
Ilustrasi satwa Orangutan Kalimantan. 

Laporan wartawan TribunKaltim.co, Rudy Firmanto

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kebakaran ‎yang melanda hutan rehabilitasi milik Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation, Kamis (24/9/2015), diperkirakan menghanguskan kira-kira 100.000 pohon yang tersebar di 500 hektare lahan.

Staf Komunikasi BOSF, Ardy mengatakan, satu hektare ditanami kira-kira 100 pohon.

"Lokasi yang terbakar merupakan lahan rehabilitasi yang ditanam ulang oleh pihak BOSF," kata Ardy.

BACA JUGA: BREAKING NEWS - Lagi, 500 Hektar Hutan BOSF Terbakar

Ilustrasi kebakaran lahan.

Untuk jenis tumbuhan sangat beragam, mulai dari pohon kayu keras seperti meranti, bangkirai, gaharu, serta jenis tanaman buah hutan.

"Kawasan tersebut nantinya akan menjadi sekolah bagi para orangutan yang ada di BOSF sebelum mereka dilepasliarkan. Tetapi akibat musibah ini, otomatis kita harus tanam ulang," katanya.

Usia tanaman berkisar antara 10 sampai 15 tahun, tetapi ada pula yang usianya lebih muda, sebab lokasi tersebut sebenarnya masih terus dilakukan penanaman tanaman.

"Dulu saat dibeli BOSF lahan tersebut tidak ada pepohonan, lalu kita rehabilitasi dengan menanam kembali. Tujuannya mengembalikan fungsi hutan," pungkasnya. (*)

***

UPDATE berita eksklusif, terbaru, unik dan menarik dari Kalimantan. Cukup likes fan page  fb TribunKaltim.co  atau follow twitter  @tribunkaltim


Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved