Tips

Rempah-rempah Lebih Tahan Lama? Simpan dengan 7 Cara Ini

Lantas bagaimana caranya agar rempah-rempah yang kita simpan dapat bertahan lama dan tetap segar?

farlys.com
Ilustrasi - Bumbu dapur 

TRIBUNKALTIM.CO - Untuk menghemat waktu dan uang, biasanya ibu rumah tangga membeli rempah-rempah atau bumbu dapur dalam jumlah banyak.

Sayangnya, sering kali rempah yang kita simpan ternyata tak bertahan lama. Ditaruh di kulkas rempah jadi kering, ditaruh di lemari, rempah jadi kena air dan membusuk. Kalau sudah begitu, terpaksa kita harus membuangnya ke tempat sampah. Niatnya mau menghemat jadinya malah memboroskan uang.

Lantas bagaimana caranya agar rempah-rempah yang kita simpan dapat bertahan lama dan tetap segar? Seperti dikutip dari laman farlys.com, inilah caranya:

Baca: Rempah Ajaib Penghilang Amis Pada Ikan

1. Kencur, kunyit, lengkuas, jahe, temu kunci disimpan di dalam pot bunga atau pot khusus dan jangan lupa menyiramnya setiap hari.

2. Simpan rempah di tempat yang dingin dan gelap. Kelembapan, cahaya, dan panas yang membuat bumbu rempah lebih cepat kehilangan aroma.

3. Hindari menyimpan bumbu/rempah pada rak di atas kompor meskipun praktis. Pindahkan dan simpan di tempat lain bisa membuat rempah segar untuk waktu lebih lama.

4. Sebagai panduan umum, bumbu dan rempah bubuk mempertahankan aroma terbaiknya dalam setahun. Rempah utuh bisa tahan 3 sampai 5 tahun. Penyimpanan yang tepat bisa membuat kesegaran tahan lebih lama. Jika memungkinkan, haluskan atau giling rempah tepat sebelum digunakan.

5. Sangrai rempah atau bumbu utuh di wajan kering dengan panas sedang sebelum dihaluskan bisa menghasilkan lebih banyak aroma. Jaga jangan sampai gosong ketika disangrai.

6. Tidak disarankan menyimpan bumbu rempah di kulkas karena lingkungannya agak lembab.

7. Untuk menjaga rempah yang dibeli dalam jumlah banyak segar lebih lama, masukkan dalam wadah yang ditutup rapat dan disimpan di freezer. (farlys.com/tre)

***

UPDATE berita eksklusif, terkini, unik dan menarik dari Kalimantan. Like fb TribunKaltim.co  Follow  @tribunkaltim, Tonton Video Youtube TribunKaltim

Penulis: Trinilo Umardini
Editor: Trinilo Umardini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved