Inilah Gedung Merah Putih Kantor KPK Telah Kokoh Berdiri

Plang bertuliskan perusahaan kontrakor penggarap proyek, PT Hutama Karya, berdiri di pagar depan gedung.

Inilah Gedung Merah Putih Kantor KPK Telah Kokoh Berdiri
TRIBUNNEWS.COM/ABDUL QODIR
Gedung KPK yang baru di Jalan HR Rasuna Said Kav C-22, Kuningan, Jakarta Selatan. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Gedung 16 lantai yang didominasi warna merah putih, telah kokoh berdiri di tepi Jalan HR Rasuna Said Kav C-22, Kuningan, Jakarta Selatan.

Plang bertuliskan perusahaan kontraktor penggarap proyek, PT Hutama Karya, berdiri di pagar depan gedung.

Namun, gedung itu belum selesai 100 persen. Pada Kamis (8/10/2015) siang, ratusan pekerja sibuk menyelesaikan beberapa bagian proyek. Di antara para pekerja yang mengenakan helm dan sepatu safety (keselamatan) itu, ada yang mengangkat pelat besi, mengaduk pasir dan semen.

Ada juga yang menata taman depan dan samping gedung hingga pemasangan mesin air handling unit (AHU) atau heating, ventilating and air conditioning (HVAC).

Menurut petugas kemanan proyek, Heri Wibowo, gedung yang dominasi warna merah putih pada dinding itu adalah markas baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Saat ini, sekitar 300 pekerja, termasuk pekerja dari perusahaan subkontrak, tengah melakukan pengerjaan tahap akhir atau finishing.

Baca: Pendaftar Calon Pimpinan KPK Didominasi PNS dan Pengacara ...

Di antaranya pemasangan sejumlah peralatan atau perlengkapan pendukung bagian dalam. Sementara, pembangunan konstruksi gedung telah selesai. Karena itu, di lokasi proyek gedung baru KPK sudah tak ada lagi alat-alat berat seperti crane atau mesin derek.

Para pekerja proyek markas baru KPK bekerja sejak pagi hingga pukul 22.00 WIB. Pekerja yang bekerja sampai malam mendapat uang lembur. Kebanyakan dari mereka melakukan aktivitas pekerjaan di dalam gedung.

"Keramik lantai sudah terpasang di semua lantai. Penyekatan untuk ruang kerja juga hampir selesai. Sekarang sebagian pekerja memasang mesin AHU (Air handling Unit) atau HVAC (Heating, Ventilating and Air Conditioning) untuk pengaturan pembuangan udara. Nanti akan dipasang di setiap lantai," ujarnya.

Halaman
1234
Tags
KPK
Gedung
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved