Berita Video

VIDEO - Wow, Logam Ini Lebih Ringan 100 Kali Lipat Dibandingkan Styrofoam

Struktur polimer 3D yang terlihat seperti tulang membuat kekokohan di bagian luar tetapi tidak padat di dalam membuat microlattice sangat ringan.

Jalantikus.com
Microlattice, sebuah logam paling ringan yang pernah tercatat dalam sejarah. 

TRIBUNKALTIM.CO - Percayakah Anda kalau ada logam yang lebih ringan daripada styrofoam?

Nah muncul sebuah inovasi dari Boeing, sebuah perusahaan pesawat yang sangat populer.

Dilansir dari portal teknologi Jalantikus.com, Boeing membuat sebuah penelitian untuk menemukan logam yang lebih ringan sebagai bahan pembuatan pesawat.

Penelitian tersebut akhirnya membuahkan hasil yaitu Microlattice.

Microlattice merupakan sebuah logam paling ringan yang pernah tercatat dalam sejarah tetapi memiliki tingkat kekokohan yang luar biasa.

Microlattice lebih ringan 100 kali lipat dibandingkan sebuah styrofoam. Hal ini tidak terlepas dari bahan logam yang berisi 99,9% udara.

Struktur polimer 3D yang terlihat seperti tulang membuat kekokohan di bagian luar tetapi tidak padat di dalam membuat microlattice sangat ringan.

Disebutkan juga microlattice mampu menyerap benturan dengan baik yang tentunya baik untuk digunakan sebagai bahan baku pesawat, kendaraan, satelit, dan lain sebagainya.

Lihat videonya disini:

Untuk sementara Boeing akan menggunakan Microlattice untuk di beberapa bagian seperti bagian dinding dalam, pelapis kabin atas, dan area berjalan untuk penumpang di dalam kabin pesawat.

Tidak mustahil ke depannya Microlattice akan menggantikan peran baja dan alumunium untuk bahan baku pesawat agar lebih ringan dan kuat. (*)

***

UPDATE berita eksklusif, terkini, unik dan menarik dari Kalimantan. Like fb TribunKaltim.co Follow  @tribunkaltim  Tonton Video Youtube TribunKaltim

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved