182 Warga Perbatasan Terima Pelayanan Kesehatan Gratis

Pelayanan kesehatan yang diberikan secara gratis ini berupa pemeriksaan gigi, pemeriksaan darah dan pemeriksaan kesehatan.

182 Warga Perbatasan Terima Pelayanan Kesehatan Gratis
NET/GOOGLE
Ilustrasi - Pemeriksaan kesehatan 

Laporan wartawan TribunKaltim.co, M Wikan H

TRIBUNKALTIM.CO, LONG PAHANGAI - Warga perbatasan Indonesia - Malaysia di Kecamatan Long Pahangai dan Long Apari, Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur menikmati pengobatan gratis.

Sekitar 182 warga di Desa Long Pahangai, yang terdiri dari 132 orang tua dan dewasa, serta 50 anak Sekolah Dasar mendapatkan pelayanan kesehatan gratis.

Pelayanan kesehatan yang diberikan secara gratis ini berupa pemeriksaan gigi, pemeriksaan darah dan pemeriksaan kesehatan.

Setyo Budi Basuki, SKM M.Kes, Kabid Pelayanan Kesehatan Pemprov Kaltim mengatakan bahwa pemberian pelayanan gratis ini merupakan salah satu program pemerintah daerah untuk kawasan perbatasan.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin pemerintah daerah di kawasan perbatasan, kami melakukannya dalam satu tahun dua kali dan ini merupakan pula program Nusantara Sehat," kata Setyo saat ditemui di Desa Long Pahangai.

BACA JUGA: Warga Perbatasan Long Pahangai Dapat Sarapan Bela Negara

Selain pemeriksaan pemeriksaan kesehatan gratis, Dinas Kesehatan Kaltim juga memberikan obat dengan cuma-cuma untuk warga yang membutuhkan setelah melakukan pemeriksaan kesehatan. Begitu pula dengan anak- anak SD, dilakukan cabut gigi serta tambal gigi gratis.

Dalam pelayanan kesehatan tersebut, tim kesehatan membawa sebanyak 25 orang anggota kesehatan, yang terdiri 9 dokter dan 2 dokter gigi, sementara perawat diperbantukan dari Puskesmas Long Pahangai.

Bukan hanya itu, dalam pelayanan ini juga diberikan sikat gigi gratis bagi anak-anak SD.

"Kami senang, masyarakat sangat antusias, namun masyarakat yang perlu disadari menjaga kesehatan, jangan hanya mengharapkan pelayanan kesehatan," tandas Setyo. (*)

***

UPDATE berita eksklusif, terkini, unik dan menarik dari Kalimantan. Like fb TribunKaltim.co Follow  @tribunkaltim  Tonton Video Youtube TribunKaltim


Penulis: Martinus Wikan
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved