Aksi Bela Negara di Perbatasan

Patok Perbatasan di Kabupaten Ini Digeser Perusahaan Malaysia

Kabar tidak sedap datang dari kawasan perbatasan Indonesia - Malaysia.

Patok Perbatasan di Kabupaten Ini Digeser Perusahaan Malaysia
garudamiliter.blogspot.com
Ilustrasi - Patok perbatasan 

TRIBUNKALTIM.CO, LONG APARI - Kabar tidak sedap datang dari kawasan perbatasan Indonesia - Malaysia. Telah terjadi pergeseran patok perbatasan
di Desa Long Apari, Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur.

Patok perbatasan yang diketahui telah bergeser yakni patok 391 dan dikabarkan di kawasan tersebut telah dimasuki perusahaan dari Malaysia. Hal ini dikatakan Kopong Simon, Kepala Seksi Batas Negara, Kantor pengelola Perbatasan Kabupaten Mahakam Ulu, saat ditemui di Desa Tiong Ohang, Kecamatan Long Apari.

"Saya melakukan pengecekan terakhir secara langsung pada tahun 2015 bulan Agustus, bertepatan pada HUT ke-70 RI, saya melihat dengan mata kepala sendiri terjadi pergeseran patok perbatasan di daerah perbatasan Indonesia - Malaysia, tepatnya pergeseran terjadi di patok 391," kata Simon.

Baca: Warga Perbatasan Long Pahangai Dapat Sarapan Bela Negara ...

Diperkirakan pergesaran patok tersebut terjadi sekitar dua tahunan, karena dari pengamatan Simon saat melakukan pengecekan, rumput di sekitar patok tersebut masih jarang tumbuh. Patok ini berada di Sungai Merurai. Ia memperkirakan, patok yang rentan terhadap pergeseran yakni patok dengan nomor 300 ke atas hingga 600.

Satu-satunya jalan tikus yang menghubungkan antara Indonesia-Malaysia di wilayah Kaltim yakni, Gunung Lasantuyan, jalan tikus ini sudah ada sejak lama, saat memasuki wilayah Malaysia, akan menemui Desa Long Sigot dan di kampung tersebut banyak warga Dayak Kenyah dan Dayak Oheng.

"Suku Dayak Oheng dan Dayak Kenyah, ada di Malaysia. Rata-rata Dayak di Malaysia wilayah Lasantuyan merupakan keluarga dengan Dayak di Indonesia," kata Simon.

Sementara Kabupaten di Malaysia yang terdekat dengan Indonesia yakni, daerah Kapit Malaysia. Ini merupakan ibu kota kabupaten, setelah Desa Long Sigot Malaysia. (*)

***

UPDATE berita eksklusif, terkini, unik dan menarik dari Kalimantan. Like fb TribunKaltim.co  Follow  @tribunkaltim  Tonton Video Youtube TribunKaltim

Penulis: Martinus Wikan
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved