Usulan Interpelasi bak Membola Salju, Sudah 20 Legislator Setuju

Untuk persetujuan interpelasi, pihak pengusul harus mendapatkan dukungan 50 persen plus 1 anggota dari total jumlah anggota DPRD.

Usulan Interpelasi bak Membola Salju, Sudah 20 Legislator Setuju
TRIBUN KALTIM / BUDHI HARTONO
Syafruddin (Ketua Fraksi PKB DPRD Kaltim) menunjukkan bukti 20 anggota Dewan setuju mengusulkan hak interpelasi Gubernur Kaltim, terkait kunjungannya ke Moscow, Rusia. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Inisiator Hak Interpelasi DPRD Provinsi Kaltim, Syafruddin memastikan, dukungan dari anggota Dewan, terus bertambah alias kian membola salju.

Saat ini sudah 20 anggota yang mendukung interpelasi untuk meminta penjelasan atau keterangan dari Gubernur Kaltim terkait kunjungannya ke Rusia.

Hal ini dikatakan Syafruddin usai mengikuti rapat Badan Musyawarah (Banmus) di Gedung D lantai 6 DPRD Kaltim.

"Sekarang sudah 20 anggota yang setuju interpelasi," kata Syafruddin, sambil menunjukkan bukti lembaran persetujuan anggota Dewan yang setuju interpelasi, Senin (19/10/2015).

BACA JUGA: Syafruddin Pastikan Pendukung Hak Interpelasi Gubernur Tidak Masuk Angin

Selain Syafruddin, dari anggota Fraksi PKB sudah setuju semuanya. Dari Fraksi PDI Perjuangan, tercatat enam anggotanya sudah setuju. Yaitu Veridiana Huraq Wang, Edy Kurniawan, Eddy Darmawan, Yakob Manika, M Samsun dan Martinus.

Sedangkan dari Fraksi Gerindra, yang setuju interpelasi yakni Suterisno Thoha, Josef, dan Rusianto. Dari Fraksi Demokrat, Yahya Anja, baru yang setuju. Sementara, dari Fraksi PAN, enpat anggota sudah setuju.

"Fraksi PAN, semua anggota sudah tanda tangan setuju. Pak Burhanuddin Demmu, Muspandi, Siti Qomariah, dan Zain Taufiq Nurrohman. Fraksi Hanura, baru dua anggota, Pak Herwanto dan Pak Adam," ujarnya.

Sedangkan anggota DPRD yang belum menyetujui usulan hak interpelasi yakni Fraksi Golkar, Fraksi PKS, dan PPP-Nasdem.

Untuk persetujuan interpelasi, pihak pengusul harus mendapatkan dukungan 50 persen plus 1 anggota dari total jumlah anggota DPRD Kaltim.

Halaman
12
Penulis: Budhi Hartono
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved