Kabut Asap

Kelompok Info Bencana Bagikan 500 Masker ke Warga

Baginya, datang ke TKP bencana paling awal merupakan makanan pokok kesehariannya. Rabu (21/10/2015).

TRIBUN KALTIM/AHMAD SIDIK
Anggota Info Bencana Balikpapan berfoto usai membagikan masker di depan Balikpapan Plaza, Rabu (21/10/2015). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - "Menolong dengan ikhlas, selalu siap siaga 24 jam tanpa kenal lelah" itulah kata-kata yang sering diucapkan Wakorlap Info Bencana Balikpapan, Ruslan.

Baginya, datang ke TKP bencana paling awal merupakan makanan pokok kesehariannya. Rabu (21/10/2015) Info Bencana membagikan 500 masker kepada pengendara roda dua. Acara ini diadakan di Jalan Jenderal Sudirman depan Balikpapan Plaza.

Seluruh jajaran hadir dalam pembagian masker yang dimulai sejak pukul 06.00 Wita. Seperti biasa, Ruslan sudah datang di tempat acara paling awal. Bahkan dia mengingatkan para anggota untuk datang sejak pukul 05.00. Tak tanggung-tanggung beberapa ping dilayangkan dalam grup BBM Info Bencana.

"Datang harus cepat, jangan lemah... paham!" ujar Ruslan kepada anggota yang datang terakhir.

Saat di TKP misalnya waktu ada kebakaran, pria yang selalu mengenakan baju merah dengan pengeras suara ini menjadi pemandu dan koordinator evakuasi saat pemadaman berlangsung. Tak tanggung-tanggung melalui pengeras suaranya, Ruslan memarahi warga yang mendekat ke titik api saat pemadam kebakaran berlalu- lalang melakukan pemadaman.

Baca: Asap Semakin Pekat, Satlantas Polres Bagikan Masker ke ...

"Jangan mendekat, kasih jalan buat pemadam, minggir...," ucapnya mengingatkan warga yang menonton proses pemadaman api.

Kabut asap ini bagi Ruslan merupakan bencana berkala yang lebih sulit dipadamkan daripada api yang membara. Setiap harinya asap semakin pekat di bumi Balikpapan tanpa ada solusi mengatasinya.

"Asap ini juga sudah termasuk bencana, bahkan kita tidak bisa memadamkannya. Yang kita tahu setiap hari semakin pekat saja," ujar Ruslan.

Pembagian masker bukanlah hal yang bisa mengatasi dampak dari kabut asap di Balikpapan. Setidaknya jajaran Info Bencana Balikpapan sudah memperingatkan kepada masyarakat untuk memakai masker saat berada di jalan.

Baca: Dorce Gamalama Ikut Berebut Minta Masker

"Setiap hembusan napas sekarang ini sudah terasa asap. Kalau terus dibiarkan rumah sakit bisa penuh karena orang-orang terkena masalah saluran pernapasan," ujarnya menambahkan.

Sebanyak 15 orang anggota IB Balikpapan memang tidak cukup mengingatkan masyarakat untuk sadar bahaya asap saat beraktivitas di luar. Kegiatan ini hanya sebagai pengingat masyarakat bahwa kabut asap tidak diketahui kapan berakhirnya dan wajib di waspadai.

"Saya membantu sekuatnya, masyarakat harus lebih paham akan bahaya asap yang tidak jelas kapan berakhirnya," kata Ruslan.

Laporan Ruslan dalam Grup BBM Indo Bencana Balikpapan: "Lapor komandan bahwa pembagian masker di depan plaza bpp telah selesai dan sukses. 500 kotak dibagikan ke masyarakat situasi aman dan damai kami laporkan dari TKP. Hormat kami, Ruslan. Wakorlap IB BPP. 15 personel hadir di TKP" (*)

***

UPDATE berita eksklusif, terkini, unik dan menarik dari Kalimantan. Like fb TribunKaltim.co  Follow  @tribunkaltim Tonton Video Youtube TribunKaltim

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved