Bugar

Cukup 30 Menit, Tubuh Anda Akan Sehat dan Bugar

Padahal aktivitas fisik berperan penting dalam kesehatan tubuh, termasuk mencegah penyakit yang bisa berakibat fatal seperti stroke.

Cukup 30 Menit, Tubuh Anda Akan Sehat dan Bugar
THINKSTOCKPHOTOS
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO - Cukup luangkan waktu 30 menit, maka tubuh Anda akan kembali sehat dan bugar. Anda pun terhindar dari berbagai penyakit berat.

Ya, menjadi sehat adalah keinginan banyak orang. Untuk memilikinya ternyata tak sulit. Mulailah dengan meluangkan waktu 30 menit untuk bergerak aktif.

Tahukah Anda, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kurang aktivitas fisik termasuk dalam atribut penyebab kematian nomor 4 tertinggi setelah tekanan darah tinggi, merokok, dan kadar gula darah tinggi.

Di Indonesia sendiri, menurut data Riset Kesehatan Dasar 2013 diketahui hampir separuh (44,2 persen) penduduk berusia di atas 10 tahun di DKI Jakarta berada dalam kategori kurang aktif.

Padahal aktivitas fisik berperan penting dalam kesehatan tubuh, termasuk mencegah penyakit yang bisa berakibat fatal seperti stroke atau serangan jantung.

Baca: Mudah dan Murah, Ini 6 Manfaat Olahraga Lari

"Setiap peningkatan aktivitas fisik akan sangat bermanfaat untuk kesehatan. Dibandingkan duduk diam di sofa, lakukan aktivitas fisik di rumah seperti mengepel, mencuci piring, atau mencuci mobil," kata dr.Simon Salim, Sp.PD, dalam acara peluncuran kampanye "Brrrgerak 30" di Jakarta (4/11/15).

Aktivitas fisik yang disarankan adalah 150 menit setiap minggu atau 30 menit setiap hari. Ini berarti kita cukup melakukan aktivitas fisik sedang.

"Ada bukti ilmiah yang sangat kuat bahwa aktivitas dengan intensitas sedang minimal 30 menit setiap hari secara teratur dapat menurunkan risiko berbagai macam penyakit dan risiko kematian," kata dr.Andi Kurniawan Sp.KO.

Aktivitas seperti berjalan cepat, jogging, bersepeda, atau berenang, bisa kita lakukan setiap hari. "Mulailah dari olahraga yang ringan lalu lama-lama ditingkatkan. Kita juga bisa mencicil 30 menit itu dengan berlatih 10 menit di pagi hari, 10 menit siang, lalu sore 10 menit lagi," kata Andi.

Halaman
12
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved